Kerap Diundang ke Luar Daerah

KEHIDUPAN warga di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru terkenal agamis. Kegiatan keagamaan di langgar dan masjid

Kerap Diundang ke Luar Daerah
BPOST GROUP/AYA SUGIANTO
Jemaah memadati Masjid Darul Falah,untuk melaksanakan salat Jumat, Masjid megah yang memiliki tiga lantai tersebut menjadi kebanggaan warga Kecamatan Cempaka, Banjarbaru, Jumat (26/3). 

KEHIDUPAN warga di Kecamatan Cempaka, Banjarbaru terkenal agamis. Kegiatan keagamaan di langgar dan masjid dapat dengan mudah didapati setiap harinya. Tak cuma di tempat ibadah, kegiatan keagamaan pun dihidupkan di rumah-rumah penduduk.

Seperti halnya bagi warga Sungaitiung. Mereka kerap berkumpul dan mengambil manfaat untuk pencerahan kehidupan.

Setiap sabtu pagi Majelis Taklim Nurul Hasanah, yang dipimpin KH M Zarkasi menggelar kegiatan keagamaan. Pada Sabtu pagi sekitar pikul 06.30 hingga pukul 07.30 Wita menggunakan sebuah sekolah TK warga menggelar pengajian.

Pengajian yang dilaksanakan tidak lepas dari ajaran fiqih islam dan praktek amaliahnya. Untuk pelaksanaannya dilaksanakan di dua tempat, yaitu di ruangan dan di masjid dengan materi yang berbeda pula.

Setiap Sabtu pagi, puluhan anggota jemaah datang dan mengikuti pengajian. KH M Zarkasi bertindak sebagai pemateri penerang hidup sesuai dengan ajaran islam. Penerangan ini pun masih mengupas masalah tentang agama. Mulai dari ajaran cara salat hingga masalah lainnya yang tak lepas dari ajaran Islam.

“Banyak anggota jemaah hadir, setiap pagi sudah pasti penuh dengan jemaah. Pakaiannya bebas saja yang penting sopan saja, yang pagi ini khusus untuk laki-laki saja” ujar KH Muhammad Zarkasi.

Selain itu, pengajian praktik amaliah setiap malam Minggu di mana anggotanya sudah sebanyak 1.500 orang ini terus berkembang. Dan pada malam itu, jemaah akan berkumpul lebih banyak lagi, sebab acaranya praktik ini lebih membutuhkan konsentrasi tinggi.

Sebab, pada Sabtu malam jemaah akan lebih banyak dan kegiatan majelis ini tentunya lebih berbeda dengan pembahasan pada paginya. Dalam rangkaian kegiatan pada malam minggu ini, dilaksanakan di masjid usai pelaksanaan Salat Isya.

“Setelah Salat Isya kita terlebih dahulu baca Surah Yasin dan dilanjutkan membaca surah Al Mulk, Tabaraq dan kemudian dilanjutkan dengan tahlilan sebanyak 70.000 kali. Kegiatan ini rutin kita laksanakan setiap minggu,” ujar dia.

Dalam kegiatan itu tak jarang ada warga yang mengeluarkan air mata karena begitu menghayati kegiatan tahlilan itu. Sebab, tahlilan itu seakan akan berhadapan langsung dengan Allah SWT.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved