Tingkatkan Imtak Lewat Jumat Khusyuk

Beberapa tahun lalu, di sekolah itu ada program khusus pendalaman ilmu agama.

Tingkatkan Imtak Lewat Jumat Khusyuk
BPost Group / Donny Usman
MURID SMPN 1 Tanjung mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, yang rutin dilakukan tiap Jumat pagi, sebelum belajar ilmu pengetahuan umum. 

BERSTATUS sebagai sekolah umum tak lantas membuat SMPN 1 Tanjung sepi kegiatan keagamaan. Napas religius di sekolah yang penuh prestasi di Kabupaten Tabalong ini justru makin kuat.

Beberapa tahun lalu, di sekolah itu ada program khusus pendalaman ilmu agama. Tiap sekali sepekan, tepatnya tiap Jumat, semua murid yang beragama Islam diwajibkan mengikuti rangkaian kegiatan keagamaan.

Cukup banyak murid yang rutin mengikuti kegiatan religius itu. Semua murid dari 23 kelas yang ada antusias dan penuh semangat mendalami ilmu agama selama 30 menit tiap pekan.

Kegiatan rutin mingguan itu dipusatkan di musala sekolah. Kegiatan itu dinamai Jumat Khusyuk. Bentuk kegiatannya seperti kegiatan majelis taklim. Antara lain diisi dengan pembacaan Surah Yasin, tadarus Alquran dan mendengarkan tausiah agama.

“Murid yang nonmuslim juga kami sediakan kegiatan serupa sesuai agamanya,” ujar Wakasek SMPN 1 Tanjung, Patjiriah.

Kegiatan tersebut dimulai sebelum pelajaran reguler dilangsungkan. Tepatnya, tiap Jumat mulai pukul 07.30 Wita sampai pukul 08.00 Wita.

Dalam pelaksanaanya, membaca Surah Yasin dan tausiah dipimpin guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ada di sekolah. Sedangkan tadarus, selain didampingi para guru, kadang bisa memberdayakan siswa yang sudah dianggap mahir membaca Alquran.

“Selain Jumat Khusyuk, kegiatan keagamaan lainnya berupa salat Zuhur berjemaah tiap hari dan juga peringatan hari besar keagamaan,” katanya.

Di samping program Jumat Khusyuk, bagi siswa yang ingin memilih memperdalam lagi ilmu agama, khusus baca tulis Alquran, juga ada kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) keagamaan.

Khusus kegiatan baca tulis Alquran diselenggarakan tiap Sabtu pagi. Lamanya dua jam berupa seni baca tulis Alquran dan belajar baca tulis Alquran.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved