Tak Hanya Dibekali Ilmu Agama

Untuk pembinaan mental dan karakter, peran sekolah cukup dominan. Karena itu selain mengajarkan tentang ilmu

Tak Hanya Dibekali Ilmu Agama
BPOST GROUP/WANDI
SISWA SMAN 1 Paringin, Kabupaten Balangan, yang tergabung dalam KSI, serius mengikuti kegiatan keagamaan. 

DI era globalisasi sekarang ini  remaja harus mendapatkan pendampingan, terutama mendapatkan ilmu agama. Itu lantaran para remaja mudah terpengaruh hal-hal negatif yang dimulai dari lingkungan sekitar.

Untuk pembinaan mental dan karakter, peran sekolah cukup dominan. Karena itu selain mengajarkan tentang ilmu pengetahuan, juga ilmu agama. Salah satu bentuknya, dengan mengaktivkan kegiatan Kelompok Studi Islam (KSI), yakni organisasi sekolah yang lebih mengutamakan kegiatan kerohanian.

KSI Al Madani di SMAN 1 Paringin, Kabupaten Balangan adalah satu organisasi di sekolah yang mengemban misi itu. Bahkan dalam rangka penguatan mental dan karakter siswa, organisasi ini tidak hanya mengutamakan kegiatan kerohanian berupa pengajian, tapi berbagai kegiatan positif lainnya, seperti kegiatan sosial.

Risnawati, sekretaris KSI Al Madani, menuturkan mereka tak hanya mendalami bidang kerohanian seperti pengajian bersama, tapi juga melaksanakan berbagai kegiatan lainnya seperti kunjungan ke panti asuhan yang dilaksanakan sebulan sekali, bazar dan pengumpulan infaq.

Menurut siswa kelas XI ini, kegiatan positif yang dilakukan bersama anggota KSI Al Madani membuat dirinya banyak mendapatkan pelajaran berharga.

“KSI Al Madani kegiatannya cukup banyak, anggotanya tak hanya dibimbing rohani, tapi juga diajari untuk peduli sesama dengan kegiatan sosialnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Mayadah, yang menyatakan bergabung dengan kelompok KSI Al Madani banyak mendapat pengetahuan tentang agama. “Saat ini tercatat 36 siswa yang aktif dalam KSI Al Madani,” sebutnya.

Sementara itu, Sri Rahmiati, pembimbing KSI Al Madani menuturkan, KSI ini aktif sejak Januari 2013.

“Salah satu kegiatan utamanya adalah bimbingan kerohanian Islam,” ujarnya.

Sri mengatakan, KSI Al Madani rutin melakukan pertemuan setiap Selasa sore. Kegiatannya pengajian rutin yang disampaikan oleh pembimbing. “Pembimbing KSI Al Madani ada dua orang. Selain saya ada juga Pak Rahmadi,” ujar Sri.

Selain penyampaian bimbingan rohani, kata Sri, pembimbing juga melaksanakan kegiatan perbaikan baca Alquran yang biasanya dilaksanakan setiap bulan pada Jumat. “Kami juga tak hanya mengajari mereka agar tahu tentang rohani Islam, tapi juga melatih mereka agar mampu berorganisasi dan berempati dengan lingkungan, salah satunya dengan melaksanakan kegiatan sosial,” ujarnya.

Diungkapkan Sri, para anggota KSI juga rutin melaksanakan bazar dan pengumpulan infaq dari siswa. “Hasil dari bazar dan pengumpulan infaq tersebut diserahkan ke panti-panti asuhan,” tandas Sri. (rahmawandi-anjar)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved