Nyanyian Islami yang Menggugah Hati tentang Kehidupan dan Penciptanya

Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandung kata-kata nasihat, kisah para nabi

Nyanyian Islami yang Menggugah Hati tentang Kehidupan dan Penciptanya
net

SERAMBI UMMAH.CO.ID - NASYID, namanya mungkin jarang kita dengar. Nasyid itu nyanyian islami yang memang membuat hati bergejolak, bersedih, ataupun senang. Adapun nasyid pergerakan (Haroki) maupun yang bukan(Non-Haroki).

Nasyid adalah salah satu seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandungi kata-kata nasihat, kisah para nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi.

- Sejarah
Nasyid dipercaya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad. Syair thola’al badru ‘alaina (yang artinya telah muncul rembulan di tengah kami) yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta’lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.

- Nasyid di Indonesia
Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an. Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad). Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.

- Kelompok nasyid di Indonesia
Nasyid tak hanya perwujudan suara dan kata-kata yang disuguhkan dalam perpaduan keselarasan. Lebih dari itu dewasanya kini sedikit demi sedikit nasyid mulai bertransformasi dari kata “senandung” menjadi ke-khasan seni Islami yang penuh dengan kemajemukan.

Beberapa kelompok nasyid yang ada di Indonesia
1. Snada – Jakarta
2. Izzatul Islam – jakarta
3. EdCoustic – Bandung
4. Justice Voice – Yogyakarta

Dan lain-lainnya, masih banyak grup nasyid di Indonesia ini.

Sejatinya nasyid adalah suatu material seni yang bertitik tumpu pada intelektual hati dan kekuatan rohani, memperkaya setiap pribadi penganutnya dengan pemahaman makna hablumminallah dan hablumminannas.

Meskipun sekedarnya grup nasyid adalah sekumpulan manusia yang berhasrat memenuhi itu dengan berusaha teguh berdakwah lewat senandung (nasyid).

Adapun merdu terdengar, indah terlihat adalah perwujudan kebersamaan kami yang dirasa sejauh ini Allah masih menjaga keeratannya.

Tags
Nasyid
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved