Edisi Cetak

Tetap Semangat Meski Aktivitas Segudang

Di sela aktivitasnya di beberapa organisasi, ia juga harus menjadi orangtua tunggal bagi keempat anaknya setelah

Tetap Semangat Meski Aktivitas Segudang
IST
Hj Tut Barkinah 

SEPINTAS orang lain mungkin tak mengira bagaimana beratnya cobaan yang diterima seorang sosok Tut Barkinah yang aktif sebagai Ketua Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (PD IBI) Kalsel.

Di sela aktivitasnya di beberapa organisasi, ia juga harus menjadi orangtua tunggal bagi keempat anaknya setelah sang suami meninggal dunia setahun lalu.

Kiprahnya dalam memajukan dunia kebidanan ini dilatari dengan kondisi penghidupan sejak kecil yang serba terbatas.

“Abah saya, dulunya petani. Sedangkan mama, guru SD. Melihat kondisi ayah ibu, mereka bilang tidak mampu untuk membiayai kuliah. Jadi silakan pilih kejuruan saja. Saya pilih bidan, angan-angan waktu itu ingin lulus PNS,” ucap dia.

Setelah lulus bidan 1980 dan langsung berkerja, Tut Barkinah mendapat dukungan kuat sang bunda untuk aktif bergabung dalam kegiatan organisasi apa saja.

“Dalam organisasi kita dilatih dan dipupuk rasa kebersamaan, penuh tenggang rasa, saling berbagi dan mengendalikan emosi. Pengalaman organisasi inilah yang salah satunya turut menempa saya hingga dapat terus aktif sampai sekarang,” ujar dia.

Di waktu senggang, hari libur,  refresing yang paling disukainya adalah berkumpul anak. Mengunjungi anak yang sekolah di luar daerah.

“Biasanya saya yang menjenguk anak-anak di Jawa. Ini jadi hiburan saya. Atau bisa juga seperti beberapa waktu lalu, saya sengaja membawa umroh seluruh anak-anak, kami bersama. Alhamdulillah, rasanya ibadah bersama anak-anak, nikmat sekali,” katanya.

Untuk kegiatan IBI Kalsel, saban tahun Tut Barkinah aktif berkunjung ke daerah-daerah kabupaten kota di Kalsel. Tujuannya tak lain untuk memajukan peran bidan di seluruh daerah. Termasuk juga peran bidan dalam mendukung program KB.

Tak sedikit permasalahan dihadapinya. Salah satunya terkait isu agama.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved