Edisi Cetak

Galang Kebersamaan Masjid

KEHORMATAN besar didapat pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalsel.

Galang Kebersamaan Masjid
BPost Group
Jusuf Kalla dan HG (Pangeran) H Rusdi Effendi AR melakukan penandatanganan usai pelantikan pengurus dan pimpinan wilayah Dewan Masjid Indonesia Kalsel di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Selasa (6/5). 

KEHORMATAN besar didapat pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalsel. Pengurus terpilih yang diketuai HG (Pangeran) Rusdi Effendi AR dilantik langsung oleh ketua umumnya, HM Jusuf Kalla, di Mahligai Pancasila, Selasa (6/4).

Kepada pengurus DMI Kalsel untuk periode 2014-2019 tersebut, mantan wakil presiden itu meminta agar masjid tidak hanya digunakan untuk beribadah kepada Allah SWT, tetapi juga untuk masyarakat.

Untuk memperbaiki masjid, DMI melakukan pembenahan soundsystem mulai tahun ini. Sebanyak 100 ribu soundsystem disiapkan. Sebanyak 300 orang sudah mendapatkan pelatihan teknis. Pada akhir 2014, program ini dilaksanakan di luar Jawa.

“Soundsystem penting, karena 80 persen jemaah tidak mencermati isi khotbah karena jeleknya suara yang dihasilkan,” katanya.

Agar masjid berfungsi bagi kemaslahatan umat, DMI juga membolehkan bank syariah berkantor di tempat ini. “Masjid juga harus memajukan kemaslahatan jemaah,” ujar Kalla.

Gubernur Rudy Ariffin mendukung hal tersebut. “Fungsi masjid agar bisa ditingkatkan lagi, sebagai sarana perkembangan ilmu pengetahuan,” katanya.

Apalagi berdasarkan data Kanwil Kemenag Kalsel, jumlah masjid di Kalsel sebanyak 2.300 buah. Ini belum termasuk musala dan masjid yang belum tercatat. Dia khawatir banyak masjid berdiri tetapi tidak ada yang memakmurkannya.

Untuk melaksanakan pesan tersebut, Rusdi mengajak semua pengurus masjid Kalsel untuk bekerja sama. “Perlu ada kebersamaan. Satu masjid dengan masjid lainnya harus saling berhubungan, memajukan dalam bidang pendidikan, bisang sosial, dan lainnya,” katanya. (hasby suhaili-agus rumpoko)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved