Jangan Salah Memahami Kata Sunnah

Menurut ilmu termonologi kata Assunnah berarti jalan kebaikan atau keburukan sebagaimana yang Rasulullah

Jangan Salah Memahami Kata Sunnah
BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO

SERAMBI UMMAH.COM - Sunnah bukanlah kalimat yang asing di telinga kaum muslimin, begitu sering kita mendengar ungkapan "Ahlu sunnah", "sholat sunnah", "mengikuti sunnah" dan lain-lain.

Tetapi sudahkah kita memahami arti sunnah secara benar? Karena sunnah memiliki beberapa makna yang harus difahami dengan benar.

Menurut ilmu termonologi kata Assunnah berarti jalan kebaikan atau keburukan sebagaimana yang Rasulullah shalallahu 'alaihi wa salam gunakan dalam sabda beliau :

“Barangsiapa yang mencontohkan dalam Islam sunnah yang baik, maka bagi dia pahalanya dan pahala orang yang mengamalkannya. Barangsiapa yang mencontohkan sunnah yang jelek, maka atasnya dosa dan dosa orang yang mengerjakannya.” [HR. Muslim]

Adapun menurut istilah arti sunnah memiliki beberapa makna yang bermacam-macam tergantung konteks kalimat yang digunakan.

Ada 4 arti sunnah secara istilah syariat, yaitu :

1.    Mustahab

Assunnah dapat bermakna sebagai suatu amalan yang mustahab, yaitu jika dikerjakan mendapat pahala jika ditinggalkan tidak mengapa. Hal ini sebagaimana digunakan untuk menyebut puasa sunnah, sholat sunnah, sunnah wudhu, hukum bersiwak adalah sunnah, mendahulukan yang kanan dalam berpakaian adalah sunnah dll.

Ungkapan ini biasanya digunakan dalam istilah hukum fiqh yang berkaitan dengan 5 hukum yaitu wajib, sunnah, mubah, makruh dan haram.

2.    Sinonim dari Hadist

Halaman
123
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved