Edisi Cetak

Yasinan Hingga Dalami Ilmu Fikih

Berawal dari perkumpulan kaum hawa dalam acara berbentuk arisan yasinan, majelis taklim yang diberi

Yasinan Hingga Dalami Ilmu Fikih
BPost Group
SUASANA pengajian di Majelis Taklim Uswatun Hasanah, Pelaihari.

MAJELIS taklim ini awalnya dilaksanakan di lingkungan rukun tetangga (RT). Namun terus berkembang dan meluas lantaran tingginya animo masyarakat Pelaihari, Tanahlaut.

Berawal dari perkumpulan kaum hawa dalam acara berbentuk arisan yasinan, majelis taklim yang diberi nama Uswatun Hasanah itu kini memiliki jemaah yang cukup banyak. Jumlahnya 100 orang lebih.

Sejak 1979, perkumpulan arisan ibu-ibu itu berkumpul tiap satu pekan sekali dengan memilih tempat di salah satu rumah warga.

Tiap nama warga yang meraih arisan, maka pelaksanaan selanjutnya berlokasi di rumah warga yang mendapatkan arisan. Kegiatan ini terus berlanjut hingga sekarang.

Namun kemudian mulai tahun 2009 kelompok arisan yang berada di Jalan Bakti RT 3, Kelurahan Karangtaruna, Pelaihari, itu tidak hanya sebatas hanya perkumpulan arisan kalangan ibu-ibu saja. Namun sudah berubah menjadi majelis taklim.

Sejak saat itu kegiatannya lebih difokuskan pada pengajian dan selalu menghadirkan seorang penceramah tetap yakni Guru Habib Alwi Asegaf. Dilaksanakan tiap Selasa mulai pukul 14.00 Wita hingga 16.30 Wita. Kegiatanya meliputan yasinan, membaca burdah dan diisi dengan pengajian ilmu fikih dan aqidah.

Pengelola Majelis Taklim Uswatun Hasanah, Mariatun, menuturkan awalnya kegiatan yasinan hanya diikuti satu RT di Jalan Bakti RT 3, Kelurahan Karangtaruna. Namun sekarang dari RT lain juga sudah ikut bergabung.

“Dulu berawal dari arisan yasinan. Nilai arisannya kecil saja, cuma Rp 100 per orang dan sekarang sudah Rp 10 ribu. Jumlah anggota kami sekarang lebih 100 orang,” beber Mariatun.

Dikatakan dia, sejak 2009 kegiatan yang dilaksanakan berupa yasinan dan membaca burdah serta habsyi saat bulan maulid. Selanjutnya sejak lima tahun terakhir sudah ada pengajian dengan ustad tetap.

Lokasi kegiatan yakni di rumah warga secara bergantian. Anggota yang dapat arisan, otomatis berikutnya menjadi tempat pelaksanaan pengajian tersebut.

Halaman
12
Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved