Makmurkan Masjid dengan Kegiatan Anak dan Remaja

Penunjukan Wakil I Dekan Fakultas Syariah IAIN Antasari itu bukan asal tunjuk. Sebab dibidang itu Mashunah memiliki beberapa pengalaman

Makmurkan Masjid dengan Kegiatan Anak dan Remaja
net

SERAMBI UMMAH.COM, BANJARMASIN - Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kalsel periode 2014- 2019 baru saja dilantik Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia, HM Jusuf Kalla di Mahligai Pancasila, Selasa (6/5) lalu.

Dari sejumlah pimpinan DMI Kalsel satu diantaranya perempuan yang diamanahkan menjabat sebagai Ketua Bidang Perempuan dan Anak. Dia adalah Dra Hj Mashunah Hanafi MA.

Bagi Mashunah jabatan yang dipercayakan merupakan suatu amanah dan siap dia emban sesuai dengan tugasnya.

Penunjukan Wakil I Dekan Fakultas Syariah IAIN Antasari itu bukan asal tunjuk. Sebab dibidang itu Mashunah memiliki beberapa pengalaman.

Sebelumnya Mashunah pernah dipercaya sebagai Ketua BPTKI (Badan Pengelola Taman Kanak Kanak Islam) Kalsel.

"BPTKI ini merupakan organisasi yang berada dibawah DMI. Kalau BPTKI di Kalsel saya menjabat ketua sementara di pusat saya menjadi anggota," ujar S2 Universitas Muhamadiyah Jakarta ini.

Di BPTKI, Mashunah berhasil membentuk peran ibu keterkaitan pendidikan anak dan remaja.

"Mungkin atas dasar itulah saya diangkat menjadi ketua DMI Bidang Perempuan dan Anak," kata anak pasangan HM Hanafie Gobit dan Hj Asiah Hanafi ini.

Sesuai bidangnya, Mashunah akan lebih menyemarakan masjid dengan meningkatkan majelis taklim, membuat work shop, melakukan penampingan anak KDRT serta menjadikan masjid sebagai tempat dakwah bagi anak dan remaja.

"Tugas saya sebisa mungkin akan lebih menyemarakan dan memakmurkan masjid dengan beragam kegiatan keagamaan bagi remaja dan anak anak," jelas dia.

Adapun bentuk pemakmuran masjid dapat dilakukan dengan menjaga fisik dan bangunan masjid dengan menjaga kebersihan dan kesucian masjid.

Memakmurkan juga bisa dilakukan dengan mengisi kegiatan peribadahan di sana, semisal meramaikan majelis ilmu, salat jama’ah, dan lain sebagainya.

Mashunah berkeinginan alangkah indahnya bila anak anak, remaja, mahasiswa dan generasi muda ramai memakmurkan masjid dengan penuh semangat muda, membangun aqidah yang kuat, penuh energi untuk memakmurkan masjid dengan Kegiatan yang bermanfaat.

"Bila Masjid-masjid ramai dipenuhi orang-orang tua adalah sesuatu yang sangat biasa beda jika masjid dimakmurkan oleh ara anak anak dan remaja," ujar dia.

Untuk bisa ikut memakmurkan masjid bagi anak-anak remaja dan generasi muda lainnya tidak haruis bisa berdakwah dan ahli ibadah, cara lain pun bisa.

Misalnya ujar dia dengan lebih sering mengajak mereka menghadiri majelis taklim, mengajak mereka ikut membersihkan masjid.

Tidak hanya itu melibatkan generasi muda untuk meramaikan dan memakmurkan masjid bisa dengan cara menjadi panitia majelis taklim dengan membantu ustadz, bisa juga dengan menjadi guru TPA.

"Lebih mudah lagi melibatkan mereka menerbitkan majalah dinding masjid, serta melibatkan mereka untuk menjadi panitia peringatan hari besar keagamaan," pungkas dia.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Halmien
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved