Edisi Cetak

Jika Tak Memberatkan Siwak Diwajibkan

BERSIWAK disunahkan sebelum melaksanakan salat, takbiratul ihram, wudu dan membaca Alquran. Dalam riwayat lain yang diriwayatkan Al Bukhari

Jika Tak Memberatkan Siwak Diwajibkan
NET
Ilustrasi

BERSIWAK disunahkan sebelum melaksanakan salat, takbiratul ihram, wudu dan membaca Alquran.

Dalam riwayat lain yang diriwayatkan Al Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Seandainya tidak memberatkan umat, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak mendirikan salat.”

Dalam hadis itu Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menggunakan siwak setiap hendak salat lima waktu.

Hadis lain juga menyebutkan di antaranya dari Aisyah diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Bersiwak itu membersihkan mulut dan membuat Tuhan ridha (senang). (HR Al-Baihaqi dan An- Nasai)

Dalam hadis lain dari Hudzaifah, ia mengatakan, “Rasulullah SAW apabila bangun tidur, menggosok mulutnya dengan siwak.” (HR Al- Bukhari, Muslim, dan lainnya)

Para ulama menyebutkan bersiwak itu mempunyai faedah yang sangat banyak. Bahkan, sebagian ulama mengatakan, faedah-faedahnya kurang lebih mencapai 70 seperti membersihkan mulut, mendapat ridha Tuhan, memutihkan gigi, mengharumkan mulut, meluruskan tulang punggung, menguatkan gusi dan memperlambat tumbuhnya uban.

Kemudian, membersihkan badan, menambah kecerdasan, melipatgandakan pahala, mempermudah keluarnya ruh, menyebabkan ingat bacaan syahadat ketika menghadapi kematian, melapangkan rezeki, memperbaiki kesehatan mulut dan lain sebagainya.

Dalam fungsinya sebagai alat pembersih gigi dan mulut, bersiwak dengan menggunakan kayu yang khusus, yang disebut “kayu araak” memang dapat diganti dengan sikat gigi dan odol. Tetapi manfaat-manfaat lain yang didapat tidak sebanyak bila menggunakan siwak yang khusus itu.

Dengan begitu, bersiwak tetap memiliki kelebihan dibandingkan cara lain dalam membersihkan gigi atau mulut. (muhammad elhami-kamardi)


Manfaat Bersiwak:
- Membersihkan mulut
- Mendapat ridha Tuhan
- Memutihkan gigi
- Mengharumkan mulut
- Meluruskan tulang punggung
- Menguatkan gusi
- Memperlambat tumbuhnya uban
- Membersihkan badan
- Menambah kecerdasan
- Melipatgandakan pahala
- Mempermudah keluarnya ruh
- Menyebabkan ingat bacaan syahadat ketika menghadapi kematian
- Melapangkan rezeki, memperbaiki kesehatan mulut

Tags
bersiwak
Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved