Edisi Cetak

Serambi UmmaH Edisi 749

KEKERASAN seksual terhadap anak makin marak. Tak hanya satu atau dua korbannya, berdasar pemberitaan, anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual

Serambi UmmaH Edisi 749
BANJARMASIN POST GROUP/AYA SUGIANTO
Cover Serambi Ummah edisi 749

Assalamualaikum wr wb

KEKERASAN seksual terhadap anak makin marak. Tak hanya satu atau dua korbannya, berdasar pemberitaan, anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual mencapai ratusan orang jumlahnya.

Efeknya, tak hanya untuk saat ini. Ada indikasi, para pelaku sebelumnya juga korban kekerasan seksual semasa kecilnya. Kondisi itu, kalau tidak cepat mendapat penanganan, akan menjadi efek berantai yang bisa mengancam masa depan generasi penerus bangsa ini.

Agar ada efek jera terhadap para pelaku dan guna melindungi anak-anak dari kekerasan seksual, ada usul agar hukuman yang diberikan bukan hanya kurungan. Diusul, hukuman yang bisa memberi efek jera dan membuat para calon pelaku tak mau berbuat serupa adalah dikebiri.

Melalui hukuman dikebiri itu, diharapkan para pelaku seks menyimpang itu tak akan berani melakukan kekerangan seksual terhadap anak-anak.

Seks menyimpang sebenarnya sudah digambarkan dalam Alquran. Digambarkan bagaimana kaum Nabi Luth mendapat azab yang sangat pedih dari Allah SWT. Bahkan, hingga kini tempat yang diyakini sebagai tempat azab itu turun masih bisa dilihat.

Menghindari kekerasan seksual terhadap anak, bisa dimulai dari dalam keluarga. Orangtua bisa mengajarkan anak-anak untuk mengenal apa yang dilarang oleh agama. Termasuk bagaimana tata cara berpakaian menurut hukum Islam.

Selain membahas mengenai kekerasan seksual terhadap anak, di rubrik Muamalat pada Serambi UmmaH kali ini juga dibahas mengenai alat musik rebana yang sering dipergunakan mengiringi syair-syair selawat.

Alat yang perkusi yang lazim disebut tarbang oleh orang Banjar itu, bisa menjadi ajang bisnis menguntungkan.

Di rubrik Sakinah, dibahas mengenai bagaimana suami memperlakukan istri yang sedang hamil. Suasana hati yang berubah-ubah saat seorang perempuan sedang hamil memerlukan pengertian lebih dari suami.

Di rubrik Muslimah, disajikan bagaimana berbusana muslim yang benar menurut Islam. Saat memilih busana muslim, jangan hanya memperhatikan modelnya, stylish dan trendi boleh saja, asalkan tetap pada kaidah syariat Islam.

Saat mengenakan busana muslimah yang syar’i, harus bisa melewati beberapa syarat dalam baju muslim tersebut, di antaranya menutup aurat yaitu pakaian yang jika dipakai tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Selain beberapa rubrik di atas, masih banyak rubrik lain yang sayang kalau dilewatkan. Semoga edisi Serambi UmmaH kali ini bisa makin menambah wawasan kita mengenai Islam.

Wassalamualaikum wr wb

Editor: Sudi
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help