Edisi Cetak

Baca Fatihah Empat Sebelum Tidur

ISLAM adalah agama yang sangat komplet. Sebab, setiap melakukan aktivitas sudah diatur secara rinci

Baca Fatihah Empat Sebelum Tidur
Net

ISLAM adalah agama yang sangat komplet. Sebab, setiap melakukan aktivitas sudah diatur secara rinci dengan kaidah-kaidah kebaikan dan kemanfaatan.

Hal ini sangat terkait dengan ketentuan agama dan sunah yang diajarkan Rasulullah. Misalnya seperti sebelum mau tidur, di sunahkan membaca fatihah empat yakni surah Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. Setelah dibaca, kemudian diusapkan ke seluruh bagian badan.

Dari Abu Salim ra, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda “Kalau kamu tidur, jangan dibiarkan api menyala di rumahmu,” (HR Shahih Bukhari)

Dalam riwayat ini disebutkan juga agar mengunci pintu, tutup tempat simpanan air dan menyimpan makanan dan minuman, terdapat juga anjuran agar mengibas-ngibaskan tempat tidur tiga kali sambil menyebut nama Allah.

Dalam hadis lainnya dari Aisyah ra berkata Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam apabila hendak beranjak ke tempat tidurnya setiap malam, beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan kedua surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas. (HR Shahih Abu Daud)

Hadis riwayat Ibnu Majah dari Aisyah ra menyebutkan, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam jika hendak pergi ke tempat tidurnya, beliau akan meniupkan pada kedua telapak tangannya dan membaca surah Al Mu’awwidzatain (surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas), kemudian beliau usapkan badannya dengan kedua tangannya tersebut.

Tidur dan bangun sebenarnya adalah perkara yang sangat penting, karena ia adalah pemula kepada kehidupan seharian.

Kemudian dalam tafsir Haqqi Rasulullah berpesan kepada Aisyah ra, ya Aisyah jangan Engkau tidur sebelum melakukan empat perkara yaitu: sebelum khatam Alquran, sebelum membuat para Nabi memberimu syafaat di hari akhir, sebelum para muslim meridhai kamu dan sebelum kau laksanakan haji dan umrah.

Bertanya Aisyah, ya Rasulullah, bagaimana aku dapat melaksanakan empat perkara tersebut seketika? Rasul tersenyum dan bersabda: jika engkau tidur bacalah:

1. Al Ikhlas tiga kali seakan-akan kamu mengkhatamkan al quran.
2. Membaca salawat untukku dan para nabi sebelum aku. Maka kami semua akan memberik syafaat di hari kiamat.
3. Beristighfar untuk muslimin maka mereka akan meridhaimu.
4. Perbanyaklah bertasbih, bertahmid, bertahlil maka seakan-akan kamu telah melaksanakan ibadah haji dan umrah. (muhammad elhami-kamardi)

Editor: Dheny
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved