Belajar Pada Malaikat

kita menjawab dengan jawaban yang sebenarnya kita juga tidak yakin atau malah tidak mengetahuinya.

Belajar Pada Malaikat

SERAMBI UMMAH.COM – Pernahkah kita ditanya seseorang tentang suatu perkara yang kita tidak mengetahui jawabannya? Lantas demi menjaga harga diri, kita menjawab dengan jawaban yang sebenarnya kita juga tidak yakin atau malah tidak mengetahuinya.

Jika memang pernah, berarti kita harus belajar pada malaikat.

Dalam surat Al Baqarah ayat 31, dikatakan bahwa Allah subhanahu wata’ala mengajarkan Adam ‘alaihi salam tentang nama-nama benda, kemudian Dia perlihatkan kepada malaikat seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua benda ini, jika kamu yang benar!”

Namun, apa jawaban malaikat: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana” (Al Baqarah: 32)

Oleh karena itu, Imam asy-Sya’bi rahimahullahu ta’ala (w. 103 H) saat ditanya tentang suatu masalah, lalu beliau berkata, “Aku tidak tahu.”

Maka para sahabatnya berkata, “Kami merasa malu denganmu.”

Beliau kemudian mengatakan, “Akan tetapi para Malaikat tidak merasa malu ketika mereka mengatakan, ‘Kami tidak memiliki ilmu kecuali apa yang Engkau ajarkan kepada kami.’” (Jaami’ Bayaanil ‘Ilmi wa Fadhlihi, Imam Ibnu ‘Abdil Barr, II/51)

Jika malaikat dan orang berilmu saja tidak malu mengatakan bahwa dia tidak tahu, maka kenapa kita harus malu. Justru pertanyaan itu seharusnya mengingatkan kita bahwa masih banyak ilmu yang harus kita pelajari dan mendorong kita agar lebih giat lagi menuntut ilmu. Jangan sampai kita menyesatkan orang lain dengan jawaban kita yang tanpa landasan.

Di bumi ini, banyak sekali ilmu yang tersimpan dan masih harus terus digali. Tidak perlu berkeliling dunia, lihatlah saja di sekitar kita. Pada setiap benda yang Allah ta’ala ciptakan, pasti ada pelajaran yang bisa kita ambil. Majelis ilmu pun kini dengan mudah dapat kita temukan, tidak perlu malu untuk bergabung bersama orang-orang shalih.

Teruslah belajar dan mencari hikmah dibalik ke-Maha Besar-an Allah, niscaya kita akan menemukan berbagai keajaiban. Dan sekali lagi, jangan malu untuk bilang, ‘Saya tidak tahu’. Wallahu’alam. (arc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved