Warga Undaan Kudus Kirab 10.000 Apem untuk Sambut Ramadhan

sebanyak 10.000 apem yang dibuat gunungan, diiring mulai Balai Desa hingga ke makam leluhur yaitu keturunan Adipati Kaloran

Warga Undaan Kudus Kirab 10.000 Apem untuk Sambut Ramadhan
TRIBUNJATENG.COM/M ZAINAL ARIFIN
Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, warga Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus, menggelar kirab Apem Kaloran atau kirab Apem Ruwahan keliling Desa, Kamis (5/6/2014) sore. 

SERAMBI UMMAH.COM, KUDUS - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, warga Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus, menggelar kirab Apem Kaloran atau kirab Apem Ruwahan keliling Desa, Kamis (5/6/2014) sore.

Usai dilakukan ritual, sebanyak 10.000 Apem kemudian diperebutkan ribuan warga.

Suasana ramai terlihat Balai Desa Undaan Lor. Tidak hanya di dalam Balai Desa, bahkan halaman dan jalan raya di depan Balai Desa juga dipenuhi lebih dari 5 ribu warga. Mereka mengikuti prosesi kirab apem yang baru pertama kali digelar itu untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Dalam kirab tersebut, sebanyak 10.000 apem yang dibuat  gunungan, diiring mulai Balai Desa hingga ke makam leluhur yaitu keturunan Adipati Kaloran, Zainal Abidin Surgiwali II.

Selain gunungan apem, warga juga membawa beberapa gunungan yang berisi hasil pertanian seperti padi, jagung, ketela, buah-buahan dan ubi-ubian.

Di makam keturunan Adipati Kaloran, dipimpin seorang kiai, warga diajak berdoa memohonkan ampun kepada Allah SWT untuk memberikan pengampunan terhadap orang tua dan saudara yang sudah meninggal dunia.

Usai berdoa, gunungan tersebut kemudian diperebutkan ribuan warga. Anak-anak, dewasa hingga orang tua berdesak-desakan ikut berebut isi gunungan apem dan hasil pertanian.

Editor: Halmien
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved