Tradisi Balimau di danau Singkarak

Dia menyebutkan di antara tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi meliputi pemandian Aia Angek Bukik Gadang di Gunung Talang, Danau Diatas

Tradisi Balimau di danau Singkarak
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO
Pemandangan Danau Singkarak dari ketinggian di perbukitan di Sumpur, Tanah Datar, Sumatera Barat. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AROSUKA - Lokasi wisata yang ada di Kabupaten Solok Sumatera Barat ramai pengunjung yang melakukan tradisi "balimau" menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah.

Wandi, salah seorang warga Kabupaten Solok, Jumat (27/6/2014), mengatakan tempat-tempat rekreasi di daerah tersebut ramai didatangi pengunjung yang mayoritas umat Islam untuk melakukan acara yang disebut "balimau".

Dia menyebutkan di antara tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi meliputi pemandian Aia Angek Bukik Gadang di Gunung Talang, Danau Diatas, Danau Dibawah, serta Danau Singkarak.

Tika (24), warga Nagari Sulit Air, sengaja mengunjungi Danau Singkarak untuk melakukan balimau sambil rekreasi. Hal serupa sudah dijalaninya sejak sekolah libur.

"Saya bersama keluarga sengaja mengunjungi Danau Singkarak untuk melakukan mandi balimau menyambut bulan suci Ramadhan," kata dia.

Tradisi "balimau" meski tidak terdapat dalam ajaran agama Islam, namun sebagian masyarakat Sumbar memiliki tradisi menyambut puasa dengan cara ini.

Sesuai pantauan, danau yang terletak di dua kabupaten (Kabupaten Solok dan Tanahdatar) itu ramai pengunjung. Adapun pengunjungnya hampir dari semua tingkat usia dan jenis kelamin.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Solok minta orang tua mengawasi anak-anaknya saat berada di lokasi wisata terutama di Danau Singkarak mengingat riaknya dalam dua mingu terakhir agak besar.

"Kita berharap agar orang tua dapat menjaga anak-anak mereka kalau mandi di pinggir Danau Singkarak karena sejak dua minggu terakhir riaknya tinggi," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kabupaten Solok, M Alfajri.

Editor: Halmien
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved