Tradisi Gendang Sahur

Berwisata di Kota Ternate yang terkenal dengan produksi pala dan cengkih sejak ratusan tahun silam ini juga bisa menyaksikan ritual

Tradisi Gendang Sahur
net
festival gendang sahur 

SERAMBIUMMAH.COM - Berwisata di Kota Ternate yang terkenal dengan produksi pala dan cengkih sejak ratusan tahun silam ini juga bisa menyaksikan ritual membangunkan masyarakat untuk sahur yang dikenal dengan nama gendang sahur.

Setiap malam mulai pukul 01.00 hingga 03.00 WIT para remaja berkeliling dari satu rumah ke rumah lain akan membangunkan pemilik rumah dengan cara menyanyikan lagu-lagu religi diiringi dengna tabuhan rebana.

"Tradisi gendang sahur ini sudah ada sejak zaman dulu dan biasanya si pemilik rumah yang terbangun setelah terdengar gendang sahur itu akan memberikan uang sebagai tanda terima kasih kepada kelompok gendang sahur bersangkutan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ternate Husen Alting.

Berbagai jenis kuliner khas Ternate, seperti asida, lalampa, waji serta aneka minuman dari bahan air kelapa serta gula aren juga bisa ditemui di berbagai lokasi di Kota Ternate menjelang berbuka puasa.

Selain menikmati berbagai ritual terkait Ramadan, wisatawan yang berkunjung di Ternate juga bisa menyaksikan berbagai objek wisata lainnya, baik wisata peninggalan sejarah maupun wisata bahari dan panorama alam.

Editor: Edinayanti
Sumber: Serambi Ummah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved