Ziarah Jelang Lebaran, Tanda Bhakti Keluarga

Sudah menjadi tradisi bagi kaum muslimin setiap menjelang puasa dan lebaran selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam

Ziarah Jelang Lebaran, Tanda Bhakti Keluarga
serambi ummah.com/apunk

SERAMBIUMMAH.COM,BANJARMASIN - Sudah menjadi tradisi bagi kaum muslimin setiap menjelang puasa dan lebaran selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam. Tradisi itu juga dilakukan warga Banjarmasin.

Mereka mendatangi peristirahatan terakhir baik keluarga, kerabat ataupun temannya yang dimakamkan di pemakaman keluarga.

Salah satu warga yang rajin ziarah ke makan menjelang lebaran, Handayani warga Jalan Belitung Darat Rt 81 Banjarmasin. Menurut dia setiap tahun selalu menyempatkan ziarah ke makam keluarganya di Jalan Tatah Cina, Gambut.

"Kalau menjelang Ramadan sudah kami lakukan. Hendak lebaran ini, kami ziarah lagi. Ini sudah semacam seperti tradisi bagi kami," kata perempuan yang bekerja di toko bangunan ini.

Di pemakaman Tatah Cina, ujar ibu satu anak ini, yang dikunjungi beberapa makam keluarganya seperti makam paman, nenek dan orangtua yang meninggal beberapa tahun lalu.

Dalam setiap ziarah, Handayani tidak sendiri. Dia mengajak serta suami, anak, serta saudara kandungnya.

"Kalau rombongan lebih efektif. Sengaja juga bawa anak biar dia tahu dimana kakek dan buyut dimakamkan, dan biar tahu bahwa ada kematian setelah kehidupan," kata dia.

Handayani menambahkan, berkunjung ke makam atau nyekar selain untuk berdoa juga sebagai bakti dia kepada keluarga.

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved