Ada `Lebaran Topat` di Lombok

Ada tradisi unik warga Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Ada `Lebaran Topat` di Lombok
KNIB Online
Warga Lombok biasanya merayakan lebaran topat dengan beramai-ramai mengunjungi tempat wisata atau ke makam leluhur. 

SERAMBIUMMAH.COM - Ada tradisi unik warga Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri. Adalah Lebaran Topat alias 'lebaran kecil' yang biasanya digelar satu minggu setelah Idul Fitri.

Pada dasarnya, ini merupakan perayaan umat muslim yang tuntas menunaikan puasa sunnah di bulan Syawal Puasa 6 hari berturut-turut setelah Idul Fitri. Tetapi saat ini jarang yang melakukan puasa sunah tersebut akan tetapi tradisi Lebaran Topat tetap dilakukan.

Warga Lombok biasanya merayakan lebaran topat dengan beramai-ramai mengunjungi tempat wisata atau ke makam leluhur. Bersama rombongan keluarga, masyarakat Lombok membawa bekal ketupat dan menu pendukungnya seperti pelecing kangkung, opor ayam, ares, dan masih banyak algi.

Pantai Senggigi biasanya menjadi destinasi utama warga Lombok saat merayakan lebaran topat. Jadi, jangan kaget bila anda mengalami kemacetan panjang di pagi hari saat lebaran topat dimulai.

Bagi para wisatawan baik lokal maupun asing, dapat berbaur dengan orang asli Lombok yang berekreasi menyambut Lebaran Topat. Namun bagi yang tidak suka kemacetan, jangan sekali-kali untuk mencoba berekreasi saat Lebaran Topat. Karena dapat dipastikan akan terjadi kemacetan yang parah.  

Tags
tradisi
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved