Ngejot, Idul Fitri, dan Harmoni Agama di Bali

Setiap daerah punya tradisi lebaran masing-masing. Seperti masyarakat muslim di Bali. Mereka memiliki tradisi ngejot yang

Ngejot, Idul Fitri, dan Harmoni Agama di Bali
dream.co.id
ngejrot 

SERAMBIUMMAH.COM - Setiap daerah punya tradisi lebaran masing-masing. Seperti masyarakat muslim di Bali. Mereka memiliki tradisi ngejot yang dilakukan setiap lebaran. Inilah potret toleransi antar-umat beragama di Pulau Dewata.

Ngejot adalah tradisi memberikan makanan kekepada tetangga sebagai rasa terima kasih. Tak hanya sesama muslim, mereka memberikan makanan itu kepada tetangga yang beragama Hindu, Nasrani, dan lainnya.

Tak jelas sejak kapan tradisi ini ada. Yang pasti, tradisi ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Tradisi ini awalnya dilakukan oleh umat Hindu. Mereka mengirimkan makanan menjelang Hari Raya Galungan, Nyepi, dan Kuningan, umat Hindu melakukan ngejot.

Biasanya, umat Hindu akan mengirimkan masakan daging babi kepada sesama umat mereka. Namun karena tahu umat Islam tidak boleh makan babi, maka mereka biasanya mengirim kue dan buah-buahan. Jika ada nasi, maka lauknya dari daging ayam.

Sementara bagi umat Islam, ngejot dilakukan menjelang Idul Fitri. Makanan yang diberikan untuk ngejot beraneka ragam, misalnya opor ayam. Yang pasti, makanan yang dikirim sudah siap santap. Selain masakan rumah tangga, ada pula aneka jajanan dan buah-buahan.

Tradisi ngejot merupakan simbol kerukunan antarumat beragama, sehingga tetap mesra dan harmonis. Ngejot juga menjadi lambang kemesraan dan tali persaudaraan antara Hindu dan Islam di tanah Dewata.

Tradisi ngejot masih terpelihara hingga kini, baik dalam masyarakat Hindu maupun Islam, khususnya di daerah pedesaan. Umat Islam di Desa Pegayaman, Kabupaten Buleleng, masih menjalankan tradisi tersebut. Desa ini merupakan salah satu kawasan di Bali yang mayoritas penduduknya beragama Islam.(drc)

Tags
tradisi
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved