Pasar Eid Habta, Tradisi Berabad-abad Kesultanan Oman

Pasar Eid Habta di Muscat, Oman, merupakan pasar musiman yang diadakan pada hari-hari acara keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Pasar Eid Habta, Tradisi Berabad-abad Kesultanan Oman
Times Of Oman
Ini merupakan pasar terbuka yang menyedot pengunjung dalam jumlah besar dan diadakan dalam suasana tradisional. Biasanya digelar sepuluh hari sebelum Idul Fitri. 

SERAMBIUMMAH.COM - Pasar Eid Habta di Muscat, Oman, merupakan pasar musiman yang diadakan pada hari-hari acara keagamaan seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Pasar ini bagian dari tradisi berabad-abad di Kesultanan Oman.

Ini merupakan pasar terbuka yang menyedot pengunjung dalam jumlah besar dan diadakan dalam suasana tradisional. Pasar Eid Habta biasanya digelar sepuluh hari sebelum Idul Fitri di seluruh wilayah administratif kesultanan dan akan terus buka sampai hari sebelum Idul Fitri.

Setiap wilayah atau desa memiliki waktu yang berbeda untuk pasar Eid Habta. Sebagai contoh, Wilayat Wadi Bani Khalid memiliki empat pasar Habta, yaitu Al Khalidyah, Souq Masal'ha, Omq dan Al Howairyah. Mereka mulai buka pada tanggal 23 Ramadan dan akan berlangsung hingga 27 Ramadan dan diulang pada Idul Adha.

Dalam Wilayat Al Kamil Wa Al Wafi, pasar ini diadakan pada tanggal 28 dan 29 Ramadan. Dalam Wilayat Sur pasar dibuka pada tanggal 26 Ramadan, di Bidiyah pada 26 Ramadan, di Al Muntrib dan Al Wasil pada 29 Ramadan. Di Sumail pasar diadakan pada 26 Ramadan di desa Suror dan pada 27 di desa Al Safala. Di Bahla pasar dibuka pada 27 Ramadan. Di Baushar di Provinsi Muskat, pasar Eid Habta diadakan pada 24 Ramadan dan di Wilayat Al Seeb pada tanggal 27 Ramadan.

Pasar ini biasanya mulai dari pagi dan akan berlangsung hingga jam satu siang. Pasar Eid Habta biasanya menjual aksesori Idul Fitri. Peternakan merupakan salah satu hal yang paling penting yang dijual di Habta karena mereka biasanya disembelih untuk Idul Fitri dan Idul Adha. Pasar Eid Habta juga menjual hadiah, mainan, permen dan Omani Halwa, selain buah-buahan, kacang-kacangan, tekstil dan rempah-rempah.

Banyak pasar tradisional lainnya yang dilaksanakan pada tingkat provinsi. Beberapa pasar tradisional ini diadakan setiap minggu di wilayat tertentu pada hari Rabu, Kamis atau Senin. Lainnya diadakan sepanjang tahun seperti Muttrah Souq, Nizwa Souq dan Central Market di Provinsi Dhofar. (drc)
 

Tags
tradisi
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved