69 Penari Saman Banggakan Indonesia di Melbourne

Warga Indonesia di Melbourne, Australia, memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 dengan berbeda.

69 Penari Saman Banggakan Indonesia di Melbourne
net
Tari Saman 

SERAMBIUMMAH.COM,MELBOURNE - Warga Indonesia di Melbourne, Australia, memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 dengan berbeda. Upacara pengibaran bendera digelar di alun-alun pusat kota Melbourne, yang disaksikan ratusan warga. Tak hanya itu, 69 penari menampilkan tarian Saman dan  memukau penonton.

Komunitas Indonesia di Melbourne menggelar upacara bendera di Federation Square, pusat kota Melbourne.

Ratusan warga sudah berkumpul untuk menyaksikan pengibaran bendera yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Indonesia di Melbourne dan sekitarnya.

Uniknya, pada peringatan kemerdekaan ke-69 tahun ini, sebanyak 69 penari dari Indonesia, Australia, dan warga negara lainnya, menampilkan tari Saman asal Aceh.

"Kita ingin menyampaikan kalau Indonesia itu adalah negara persatuan, meski berbeda-beda. Tarian ini mengandung unsur persatuan, dan perbedaan ditampilkan karena yang menari tidak hanya dari Indonesia, ada dari Australia, Inggris, dan lainnya," ujar Leony Dima Gah, salah satu penari.

Tarian Saman ini pun mendapatkan tanggapan yang meriah dari ratusan warga yang menonton.

"Saya suka saat para penari saling berinteraksi satu sama lain. Saya rasa ini adalah tarian yang sangat pintar dan pasti membutuhkan waktu yang lama untuk berlatih," ujar David Burnton, pengacara di Melbourne.

"Perasaannya sangat bangga sekali jadi orang Indonesia, apalagi setelah melihat tarian Saman ini, saya semakin bangga dan ingin belajar banyak soal budaya saya," kata Syifa Nadira, peserta pertukaran pelajar yang baru pertama kali merayakan HUT Republik Indonesia di luar negeri.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved