Normalkah Bila Anak Selalu Bilang “Tidak”?

Anak Anda suka mengatakan, “No”? Sebuah penelitian terbaru soal perkembangan anak menunjukkan, anak berusia 2 – 3 tahun

Normalkah Bila Anak Selalu Bilang “Tidak”?
net
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM – Anak Anda suka mengatakan, “No”? Sebuah penelitian terbaru soal perkembangan anak menunjukkan, anak berusia 2 – 3 tahun bisa berdebat dengan orangtuanya hingga 20 - 25 kali dalam satu jam!

Dengan mengatakan “tidak”, anak merasa dirinya cukup berdaya dan memiliki kendali. Jadi, sesungguhnya hal itu normal-normal saja.

“Anak-anak di usia itu menyadari bahwa mereka sudah dapat menyatakan pendapat mereka sendiri, dan berdebat dengan orangtuanya merupakan salah satu caranya,” kata John Sargent, MD, seorang psikiater anak dan profesor psikiatri dan ilmu perilaku di Baylor College of Medicine , Houston.

Nah, "penolakan” itu yang lantas menimbulkan konflik antara anak dan orangtua. Daripada terus memaksa anak melakukan apa yang Anda inginkan, bahkan sampai ia merasa takut, marah, atau bahkan justru menantang Anda, lebih baik mencoba strategi di bawah ini.

Fokus pada Hal-hal Positif

Apakah Anda kerap mengatakan “Tidak” kepada anak? Jika iya, wajar saja jika anak juga melakukan hal yang sama. Anak itu peniru ulung, loh .

"Katakan kepada anak apa yang Anda inginkan untuk ia lakukan, bukan apa yang tidak Anda inginkan untuk ia lakukan," kata Angie T Cranor, PhD, asisten profesor studi perkembangan manusia dan keluarga di University of North Carolina .

Caranya, dengan mengubah kata-kata negatif menjadi positif. Misalnya, kata " Jangan duduk di lantai, Nak, supaya celanamu enggak kotor ” diubah menjadi “Duduknya di kursi saja, Nak, supaya celanamu tetap bersih” .

Dalam hal ini, t one (nada) suara juga harus diperhatikan. Gunakan nada tenang dan tegas, bukan berteriak.

Berikan Alasan

Halaman
123
Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved