Cara Mudah Atasi Anak Bicara Kasar

Anak bicara kasar sering terjadi pada usia prasekolah karena belum memahami dan mengerti benar arti dari kata yang dia ucapkan.

Cara Mudah Atasi Anak Bicara Kasar
perempuan.com
anak bicara kasar 

SERAMBIUMMAH.COM - Anak bicara kasar sering terjadi pada usia prasekolah karena belum memahami dan mengerti benar arti dari kata yang dia ucapkan. Sang anak juga belum bisa memahami apakah kata tersebut baik atau tidak untuk diucapkan. Namun, saat ini banyak orang tua yang langsung memarahi anaknya karena berkata kasar.

Padahal anak sebenarnya hanya meniru. Jadi jangan memanggap anak kecil berkata kotor untuk memaki, namun karena ketidaktahuannya serta biasanya hanya meniru orang dewasa.

Anak bicara kasar bukan berarti dia nakal atau jahat. Mereka bicara seperti itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar mereka. Jika dilingkungan yang agak kasar mungkin sang anak juga akan seperti itu. Jadi jangan terlalu menyalahkan si anak. Di sini peran orang tua sangat vital.

Orang tua harus bisa menempatkan anak pada lingkungan yang tepat supaya bisa meniru perilaku dan perkataan yang baik. Jangan sampai anak kamu menganggap ucapan kotor tersebut adalah hal yang wajar atau biasa saja. Hal tersebut akan membuat anak lebih sering mengucapkannya lagi. Cegah dan perbaiki saat ini juga.

Berikut kami berikan langkah dan cara yang bisa orang tua lakukan untuk mencegah anak bicara kasar:

Terus awasi anak saat bermain

Hindarkan anak dengan lingkungan yang mewajarkan kata-kata kotor. Memang dengan sendiri anak akan tahu hal-hal tersebut lambat laun. Namun, sebelum itu terjadi sebaiknya hindari, lalu tanamkan hal positif untuk menangkal hal tersebut saat sudah dewasa nanti. Jelaskan dengan baik dan telaten agar anak bisa memahaminya.

Jelaskan arti dari kata tersebut

Ajaklah anak berbicara dan tanyakan apa maksud dan arti dari ucapannya tersebut. Tentunya dia tidak akan bisa menjelaskannya karena memang belum paham arti kasar tersebut dan belum sadar kalau ucapannya tidak baik. Di sini orang tua harus berperan aktif memberikan penjelasan sedini mungkin, sehingga anak mengerti dan tidaka kan mengulanginya lagi.

Jangan biarkan anak bicara kotor berulang-ulang. Sebab, dia akan menganggap hal tersebut wajar dan biasa saja. Hindarkan anak sejak dini dari lingkungan tidak baik. (prc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved