Mendongeng Melatih Kecerdasan Anak

Pendidikan semakin menjadi kebutuhan primer bagi manusia, terutama anak-anak

Mendongeng Melatih Kecerdasan Anak
Kompas Gramedia
Rona Mentari adalah pendongeng nasional yang juga pendiri Rumah Dongeng Mentari (RDM) dalam Kompas Gramedia (KG) Mendongeng, Rabu (3/9/2014). 

SERAMBIUMMAH.COM, JAKARTA - Pendidikan semakin menjadi kebutuhan primer bagi manusia, terutama anak-anak. Dewasa ini, selain mengikuti pendidikan formal di institusi pendidikan, anak-anak dirasa perlu untuk diajak terlibat dalam pendidikan alternatif yang mendorong ke arah pengembangan kreativitas dan pembangunan karakter (character building).

Salah satu media pendidikan alternatif itu adalah dongeng. Dongeng merupakan cara efektif untuk mendidik dan menginspirasi. Melalui dongeng, banyak pesan-pesan moral dan nilai-nilai sosial tersampaikan secara menarik sehingga lebih mudah tertanam pada diri sang anak.

Indonesia, dengan kekayan akar budayanya, sedari dulu telah memiliki beragam dongeng Nusantara yang inspiratif, edukatif dan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak-anak. Ya, dongeng menjadi media dan cara yang dilakukan nenek moyang kita untuk mentransfer beragam hal positif kepada generasi penerus: pengetahuan, motivasi, pesan moral, nilai sosial, hingga kearifan lokal.

Berangkat dari semangat itulah, Kompas Gramedia mengadakan program sosial untuk anak-anak yang diberi nama Kompas Gramedia (KG) Mendongeng. Salah satu aplikasi program Corporate Social Responsibility (CSR) KG ini mengusung oleh spirit sosial edukatif untuk membangun karakter anak-anak agar menjadi lebih cerdas, kreatif dan senantiasa berpegang pada nilai-nilai sosial.

"Sejalan dengan tagline Kompas Gramedia, Enlightening People, KG Mendongeng  diharapkan bisa menjadi media pembelajaran dan pencerdasan, dalam hal ini bagi anak-anak. Selain itu, juga merupakan upaya pemeliharaan tradisi mendongeng Nusantara agar kultur cerita bertutur ini senantiasa lestari adanya," kata Teguh Azmi Pamungkas, CSR Officer Kompas Gramedia.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved