Begini Cara Menyapih Anak yang Tepat

Pada dasarnya, ASI esklusif merupakan hal yang wajib diberikan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada beberapa tahun pertama.

Begini Cara Menyapih Anak yang Tepat
perempuan.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Pada dasarnya, ASI esklusif merupakan hal yang wajib diberikan kepada anak untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada beberapa tahun pertama. Namun, sering sekali kebiasaan anak menyusu sulit dihilangkan sampai mereka sudah berumur beberapa tahun.

Hal ini akan sangat mengganggu sang ibu, apalagi jika sudah mulai beraktivitas. Untuk itu anak harus disapih supaya tidak terus menyusu kepada sang ibu. Banyak sekali cara menyapih anak yang bida diterapkan. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan anak masing-masing.

Pada umumnya kegiatan mneyusui anak antara 4-7 bulan saja dan maksimal 1 tahun. Namun, sayangnya karena anak tidak bisa mandiri, menyusui akan terus berlangsung sampai ia merasa bosan. Di sini peran orangtua sangat penting, yaitu dengan melatih kemandirian si anak dengan mengganti kegiatan menyusu dengan botol ataupun gelas. Kami akan memberikan solusi terbaik yang mudah untuk diterapkan sendiri. Berikut beberapa caranya:

Jangan hanya ibu saja yang memberikan susu

Ayah, kakek, nenek atau anggota keluarga lainnya juga harus ikut aktif memberikan susu botol. Hal ini akan meningkatkan kemandirian si anak, sehingga ia tidak akan bergantung terus dengan sang ibu saat ingin minum susu.

Lakukan dengan bertahap

Jangan memaksakan anak untuk minum susu dengan botol. Namun, tetap berikan ASI dengan kuantitas yang sedikit dikurangi. Nah, secara bertahap mulailah memberikan susu kepada anak dengan botol. Pilihlah botol yang anti pecah supaya anak tidak mengalami cedera.

Tunggu saat lapar

Saat mulai lapar, anak tidak akan memilih-milih makanan. Berikan saja susu dalam botol, pasti anak akan langsung meminumnya dengan cepat dan lahap.

Sabar

Terkadang berbagai cara menyapih anak tidak berhasil akan membuat ibu stress. Memang dalam proses menyapih anak harus ekstra sabar. Solusinya adalah jangan terlalu panic terlebih dulu, kuasai dulu sikonnya lalu carilah cara lain yang terbaik.

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved