Agar Anak Tak Bicara Jorok, Lakukan 5 Aturan Ini

Sebal enggak, sih , mendengar anak yang bicaranya enggak sopan. Rasanya mau langsung menjewer telinganya, ya.

Agar Anak Tak Bicara Jorok, Lakukan 5 Aturan Ini
net
ilustrasi

SERAMBIUMMAH.COM -  Sebal enggak, sih , mendengar anak yang bicaranya enggak sopan. Rasanya mau langsung menjewer telinganya, ya.

Hal mendasar mengajarkan anak aturan komunikasi yang baik adalah dengan membiasakan anak berkata sopan. Nah, bagian ini biasanya susah-susang gampang. Mengapa? Karena setelah Anda bersusah-payah mengajari anak bersikap atau berkata sopan di rumah, masih ada kemungkinan anak memelajari kata-kata “jorok” dari teman-teman di sekolah atau pengasuhnya.

Jika Anda ingin anak mengatakan hal yang baik, lakukanlah hal yang sama. Jangan mengumpat, menghujat, menghina, dan mengatakan hal negatif di depan anak. Entah itu mengenai diri Anda, orang lain, atau anak sendiri.

Berikut 5 aturan dasar yang harus diterapkan pada anak bagaimana seharusnya berkomunikasi dengan orang lain seperti dikutip dari buku Talkinc Points for Parents .

Aturan 1: Bicara dengan Jelas  

Ajar anak agar tidak bicara terbata-bata, volume suara yang terlalu rendah/tinggi/cepat/lambat, sambil makan, atau tidak memerhatikan objek yang sedang diajak berbicara (saat mengobrol mata anak memerhatikan hal lain).

Aturan 2: Pendengar yang Baik  

Tidak sabaran rasanya sudah menjadi sifat anak-anak. Terutama saat mereka sedang berbicara. Mereka kerap memotong pembicaraan orangtua atau mengalihkan pembicaraan dengan topik lain.

Jika anak melakukannya, katakan dengan lembut, “Ketika ada orang yang berbicara denganmu, dengarkan baik-baik. Tatap matanya dan jangan  tidak peduli. ” Barulah setelah lawan bicara selesai bicara, anak boleh mengungkapkan isi hatinya.

Aturan 3: Tidak Berkata Kasar  

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved