Ayo, Kenalkan Sejarah pada Anak

Sejarah memang menjadi salah satu ilmu yang harus diketahui semua orang. Waktu paling tempat untuk memperkenalkan

Ayo, Kenalkan Sejarah pada Anak
perempuan.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Sejarah memang menjadi salah satu ilmu yang harus diketahui semua orang. Waktu paling tempat untuk memperkenalkan sejarah adalah ketika seseorang masih berusia dini. Bagi Anda para orangtua, segeralah memberikan pengetahuan bagi anak tentang pengetahuan sejarah. Coba berikan sejarah-sejarah yang Anda ketahui saja.

Meskipun mereka belum banyak mengerti megenai hal ini tapi setidaknya dengan pengetahuan atau arahan yang Anda berikan akan memberikan pengaruh yang sangat baik. Salah satunya adalah dengan mengenalkan sejarah negara ini. Kenalkan sejarah pada anak sejak usianya masih dini, coba terangkan bagaimana negara ini bisa berdiri atau bisa juga tentang pahlawan-pahlawan yang harus kita kenang jasanya.

Dengan memberikan wawasan atau pengetahuan tentang sejarah anak akan memiliki jiwa nasionalisme yang cukup tinggi. Ajarkan mereka tentang pentingnya mencintai negeri ini kami yakin anak akan bisa tumbuh dengan baik dan selalu bangga dengan bangsa ini.

Sebenarnya tak hanya orangtua yang wajib memberikan pendidikan sejarah pada anak, tapi lingkungan sekolah juga wajib memberikannya. Sekolah memang jauh lebih tepat menjadi media pemberi pengetahuan tentang sejarah. Mulai saat ini kenalkan sejarah pada anak. Jangan sampai anak tumbuh tanpa memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, apalagi mereka tak memiliki rasa cinta sedikitpun dengan bangsa ini.

Berikut ini adalah manfaat kenalkan sejarah pada anak:

Menumbuhkan rasa nasionalisme

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, dengan memberikan pengetahuan seputar sejarah pada anak maka mereka akan dapat tumbuh dengan pribadi yang memiliki nasionalisme tinggi. Ini sangat baik untuk mental mereka, sehingga jika suatu saat mereka hidup di negeri orang mereka tak akan sedikitpun mau mengorbankan nama baik negaranya dengan alasan apapun.

Lebih mencintai negara sendiri

Tanpa tahu bagaimana sejarah berdirinya negeri ini, tentu seseorang tak akan bisa merasakan bagaimana susahnya merebut bangsa ini dari tangan penjajah. Namun dengan mengetahui cerita sejarahnya, seseorang akan lebih bangga dan terus menerus menjaga kemerdekaan bangsa ini sampai kapanpun. (prc)
 

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved