Menjaga Nutrisi Anak Saat Mulai Sulit Makan

Mulai usia 1 tahun anak dapat diberikan makanan keluarga. Apa yang anggota keluarga lain makan, anak bisa

Menjaga Nutrisi Anak Saat Mulai Sulit Makan
net

SERAMBIUMMAH.COM - Mulai usia 1 tahun anak  dapat diberikan makanan keluarga. Apa yang anggota keluarga lain makan, anak bisa mengonsumsinya. Aktivitas makannya pun sama, 3 kali sehari dan 2 kali camilan di sela-sela waktu makan antara pagi-siang dan siang-malam.

Tentu kita juga perlu melihat kemampuan mengunyah anak, mengingat giginya yang belum lengkap. Umumnya dia belum bisa mengunyah makanan keras sehingga makanan itu baru bisa diberikan setelah ia siap

Kebutuhan gizi makro dan mikro harus diperhatikan. Kebutuhan energi gizi makronya 1.000 kkal, kebutuhan protein 25 g, dan kebutuhan air 1,1-1,4 liter atau 5-7 gelas per hari.  Sementara kebutuhan gizi mikronya vitamin A 400 RE, Folat 150 µ, kalsium 500 mg, zat besi 8 mg, yodium120 µg, dan zat seng 8,3 mg. Semakin bertambah usia, semakin bertambah jumlah gizi yang dibutuhkan.

Anak juga membutuhkan 8 jenis asam amino esensial dalam porsi besar untuk memperkuat otot dan perkembangan fungsi otaknya karena mereka mulai aktif mengeksplorasi lingkungan. Asam amino tersebut adalah leucine, Isoleucine, valine, lycine,  tryptophan, methionen, threonine, phenylalanine.

Yang harus dicatat, di usia ini anak mulai sulit makan. Pasalnya mulai tumbuh otoritas dalam diri sang buah hati yang membuatnya ikut menentukan mana yang mau ia lakukan atau tidak, termasuk makan. Segera cara tahu penyebab dan segera atasi agar kebutuhan nutrisi anak di masa emas ini dapat dipenuhi.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved