Bunda, Ini Kiat Mengatasi Bayi Rewel

Bayi yang sudah berumur 12 bulan memang mudah rewel, entah saat popok atau bajunya diganti,

Bunda, Ini Kiat Mengatasi Bayi Rewel
net

SERAMBIUMMAH.COM - Bayi yang sudah berumur 12 bulan memang mudah rewel, entah saat popok atau bajunya diganti, saat merasa bosan (dan tampaknya ia gampang sekali bosan), atau saat tak ada alasan sama sekali.

Meski sudah mencoba segala cara agar si kecil merasa nyaman atau membuatnya sibuk, tapi sepertinya dia mengindahkan apa pun yang dilakukan sang bunda. Sang bayi pun malah merengek lebih keras. Pada akhirnya tidak sedikit ibu yang frustrasi saat harus menghadapi bayi yang rewel.

Jangan panik menghadapinya. Cobalah pahami hal berikut. 

Kunci menghadapi bayi yang tengah rewel, yang pertama kali sebaiknya tetap bersikap tenang karena sesungguhnya ini dialami oleh semua kaum ibu.

Hobi baru bayi kita ini menurut T. Berry Brazelton, dokter anak dan penulis buku Touchpoint,  karena anak-anak mulai membangun kemandiriannya.

Pada masa-masa seperti ini, kegiatan sehari-hari bunda yang biasanya tenang, seperti mengganti popok, berubah menjadi pergulatan. Bagi anak, dunia kemandiriannya terbuka tepat pada saat ia mulai belajar berjalan. Dengan semua perubahan ini, anak Mama mulai merasakan ambivalensi.

Ia ingin menjadi mandiri dan berusaha mengatasinya dengan semua pilihan baru yang muncul. Periode ini merupakan titik temu (touchpoint)-tidak hanya kemampuan motoriknya yang berubah drastis, anak juga mengalami perkembangan secara emosional. Ini merupakan masa yang menantang bagi anak-anak, dan tentunya bagi orangtua.

Saat harus menghadapi bayi yang rewel cobalah untuk tidak terlalu memusingkan rengekannya. Reaksi yang negatif hanya akan memperkuat perilakunya tersebut. Jika Mama berhasil mengabaikannya, anak biasanya akan menyerah untuk terus berlaku cengeng, untuk kemudian berusaha mencari cara lain yang akan membuat Mama merasa frustrasi. Mengapa dia melakukan itu? Dia hanya sedang mencoba membuat sang ibu  menuruti kemauannya.     

Ketika bunda merasa sangat frustrasi menghadapi bayi yang rewel, ambillah napas dalam-dalam dan keluarlah dari kamar selama beberapa menit untuk menenangkan diri (tentunya setelah yakin si kecil aman dalam boksnya atau di tempat bermainnya). Ingatkan diri sendiri bahwa anak bunda saat ini tengah melewati suatu fase dan itu sebentar saja akan lewat.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved