Anak Anda Picky Eater? Siasati dengan 4 Strategi ini

Kondisi picky eater bisa saja akan berpengaruh hingga ia dewasa. Apabila tidak segera ditangani dengan tepat

Anak Anda Picky Eater? Siasati dengan 4 Strategi ini

SERAMBI UMMAH.COM - PICKY eater ialah dimana anak-anak yang biasanya berusia 6 bulan hingga 6 tahun tidak memiliki nafsu makan. Terutama ketika anak yang sudah mulai diperkenalkan dan sudah mulai mengkonsumsi makanan padat, biasanya anak akan cenderung menjadi pemilih makanan dan tak sedikit anak yang sampai tak ingin makan, jika makanan kesukaannya tidak dihidangkan.

Kondisi picky eater bisa saja akan berpengaruh hingga ia dewasa. Apabila tidak segera ditangani dengan tepat, picky eater dapat menimbulkan efek yang buruk untuk kesehatan anak, bisa jadi anak menjadi kurang gizi karena asupan gizinya tidak seimbang. Selain itu, kondisi picky eater juga bisa berpengaruh pada pertumbuhan koginitif anak.

Lantas, bagaimana menyiasati anak yang picky eater? Simak strategi berikut ini.

1. Ciptakan Suasana yang Nyaman Sewaktu Makan

Menciptakan suasana makan yang menyenangkan sewaktu menyantap makanan bersama-sama adalah hal yang penting. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan minat anak untuk mengonsumsi makanan yang telah disediakan. Selain itu, sebaiknya luangkan waktu makan bersama dengan keluarga agar anak merasakan kebersamaan dan membuat mereka merasa nyaman. Bila Anda tidak dapat melakukannya setiap hari, maka minimal luangkan waktu minimal seminggu sekali saat liburan akhir pekan.

2. Atur Jadwal Makan Anak Secara Teratur

Jadwal makan teratur untuk anak sebaiknya diberikan 3 kali dalam satu hari. Dengan jadwal 3 kali makanan berat dan 2 kali pemberian makanan ringan atau cemilan saat sore hari. Usahakan untuk selalu memberikan makanan berat dengan kandungan gizi yang seimbang yakni porsi 4 sehat 5 sempurna.

3. Hidangkan Menu Makanan yang Variatif dan Menarik

Anak yang sulit makan bisa jadi dipicu karena anak merasa bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Bisa juga karena bentuk makanan yang kurang menarik untuk anak. Untuk itulah, orang tua sebaiknya dapat lebih pintar dengan keinginan si anak. Tanyakan pada anak menu apa yang ia inginkan untuk hari ini, atau Anda bisa menyajikan menu makanan dengan bentuk yang lebih bervariatif dan menarik.

4. Sajikan Cemilan Ringan yang Sehat

Sebaiknya jangan berikan cemilan yang tinggi akan karbohidrat pada saat mendekati jam makan anak. Sebab hal ini akan membuat anak merasa kenyang dan akhirnya membuat ia tak mau makan. Sebaliknya, berikan cemilan sehat seperti biskuit, atau makanan lain yang rendah karbohidrat namun tinggi akan nutrisi, seperti buah dan sayur. (ipc)

Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved