Ini yang Perlu Dilakukan Bila Nilai Anak Jeblok di Sekolah

Pendidikan merupakan bekal yang penting untuk anak karena nantinya bekal ilmu yang diperoleh dari pendidikan dapat mengantarkan

Ini yang Perlu Dilakukan Bila Nilai Anak Jeblok di Sekolah
perempuan.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Pendidikan merupakan bekal yang penting untuk anak karena  nantinya bekal ilmu yang diperoleh dari pendidikan dapat mengantarkan anak ke masa depan yang diinginkan. Walaupun begitu, menjalani proses belajar tidak selalu menghasilkan hasil yang memuaskan.

Ada kalanya mereka mendapatkan hasil belajar yang tidak sesuai dengan harapan kita sebagai orangtua. Banyak faktor yang mempengaruhi tidak stabilnya nilai rapor anak, nilai rapor anak merah misalnya.

Ada kalanya anak akan mengalami kenaikan atau penurunan nilai rapor secara drastis. Banyak faktor yang dapat menyebabkan nilai rapor anak merah, baik dari lingkungan maupun dari motivasi dalam diri si anak.

Ketika orangtua hanya menyalahkan anak yang membuat nilai rapor merah, ada  baiknya jika orangtua juga melakukan introspeksi diri, bahwa sebenarnya peran orangtua dalam pendidikan sekaligus dalam nilai dari hasil belajar juga sangat dibutuhkan untuk mewujudkan hasil yang memuaskan.

Cari penyebab nilai rapor anak merah

Ketika mengetahui bahwa nilai rapor anak merah, sebaiknya lakukan evaluasi tentang cara belajar atau hal lain yang mungkin dapat menyebabkan nilai anak menjadi menurun.

Menambah beban anak dengan mengikuti lebih banyak bimbingan belajar di luar sekolah bukan merupakan solusi yang baik untuk meningkatkan nilai rapor anak. Bisa saja dengan didampingi orangtua ketika waktu belajar tiba, anak justru lebih berkonsentrasi dalam belajar.

Diskusikan dengan anak tentang nilai rapor anak

Banyak orangtua yang hanya mampu memarahi anaknya ketika mendapati nilai rapor anak merah. Nilai merah dalam rapor sang anak sebenarnya bukan sepenuhnya kesalahan dari anak walaupun pendidikan merupakan tanggung jawab sepenuhnya si anak.

Peran orangtua dalam pendidikan anak juga sangat dibutuhkan. Ada baiknya Anda mendiskusikan apa yang membuat nilai rapor anak merah dan perbarui cara-cara lain yang bertujuan untuk meningkatkan nilai rapor anak.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved