Menjelaskan Makna Ibadah Haji kepada Anak

Pada hari-hari seperti ini, anak-anak kita bisa mendengar banyak berita tentang haji. Namun, kebanyakan dari mereka tidak menyadari

Menjelaskan Makna Ibadah Haji kepada Anak

SERAMBI UMMAH.COM – Setiap tahun umat Islam di seluruh dunia bersiap-siap menyambut musim haji, dan mereka yang berniat untuk melakukan ritual suci yang merupakan kewajiban ini pergi ke Makkah dalam rangka perjalanan spiritual keimanan.

Pada hari-hari seperti ini, anak-anak kita bisa mendengar banyak berita tentang haji. Namun, kebanyakan dari mereka tidak menyadari banyak rincian yang berkaitan dengan hal itu. Ketika mereka mulai bertanya tentang haji, beberapa orang tua merasa sedikit sulit untuk membuat anak-anak memahaminya.

Maka berikut beberapa tips yang didapat dari onislam.net untuk membantu orang tua menjelaskan haji dengan cara yang sederhana untuk anak-anak mereka.

    SiapkanBahan Anda

    Persiapkan bahan-bahan untuk pelajaran haji dengan sangat baik sebelum mengumpulkan anak-anak Anda sebagai pengantar pembicaraan. Milikilah buku Islam untuk anak-anak atau artikel Islam dan bacalah apa yang mungkin anak-anak tanyakan tentang haji. Ini akan membantu Anda memahami poin utama yang harus ditekankan dalam pelajaran Anda.
    Anda akan membutuhkan lebih dari sekedar bahasa lisan. Anda bisa mendapatkan foto dari umat Islam pada haji, poster, peta, situs Web, ekstrak buku, dan materi video misalnya.

    Sertakan Poin ini dalam Pelajaran Anda

    Rukun Islam ada lima dan haji merupakan rukun yang kelima. Haji adalah kewajiban sekali dalam seumur hidup bagi umat Islam yang memiliki kemampuan fisik dan keuangan untuk melakukan perjalanan. Ini juga merupakan bentuk ibadah yang melibatkan seluruh diri: tubuh, pikiran, dan jiwa.
    Kisah Nabi Ibrahim ‘alaihi salam dan pengorbanannya saat diminta oleh Allah untuk menjalankan perintah-Nya.
    Gambarkan dengan jelas tentang Haji ke anak-anak Anda dan jelaskan lebih lanjut tentang keragaman umat Islam yang datang bersama-sama untuk menyembah Allah, dan identifikasikan alasan yang umat Islam berikan untuk melakukan haji.

Dan berikut cara pembelajaran yang bisa dilakukan:

    Diskusikan Haji dengan menjelaskan bagaimana tepatnya dilakukan. Buatlah model Ka’bah: Anda dapat melakukannya dengan kotak kubus kardus, beberapa cat hitam, dan garis pinggiran bahan emas. Jika mungkin, gunakan beberapa boneka atau action figure untuk menunjukkan bagaimana haji dilakukan.
    Ceritakan kepada anak-anak apa yang umat Islam pakai pada saat haji dan alasan memakainya. Juga, ambilah salah satu dari anak-anak Anda sebagai model ihram, pakaian laki-laki yang dipakai selama Haji dan Umrah.
    Jelaskan tentang Talbiyah (apa yang dibaca peziarah selama Haji) dan bacalah bersama-sama Takbir Idul Fitri.
    Selain berbicara tentang bagaimana haji dilakukan, Anda dapat memberikan rincian tentang pembangunan Ka’bah dan reparasinya.
    Jelaskan juga tentang apa yang Muslim lakukan di Ka’bah.

    Jelaskan bagaimana Haji berbeda dari perjalanan liburan.
    Jelaskan apa yang umat Islam lakukan di Arafah, Muzdalifa, dan Mina.
    Doronglah anak-anak untuk merefleksikan gagasan tentang perjalanan umat Islam dengan harapan bahwa perjalanan akan mengubah mereka, yaitu bahwa mereka akan kembali suci dan lebih berkembang oleh pengalaman.
    Diskusikan dengan anak-anak Anda gagasan bahwa bagi banyak orang, kehidupan religius melibatkan rasa dalam pencariannya dan untuk mengembangkannya semaksimal mungkin.
    Waktunya untuk Latihan

Halaman
12
Editor: Halmien
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved