Si Ayah Juga Bisa Lakukan Babysitting

Mengasuh bayi atau babysitting biasanya diidentikkan dengan peran seorang ibu. Mulai dari menggantikan popok

Si Ayah Juga Bisa Lakukan Babysitting
perempuan.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Mengasuh bayi atau babysitting biasanya diidentikkan dengan peran seorang ibu. Mulai dari menggantikan popok, memberi ASI, memakaikan baju, menggendongnya hingga memandikannya. Sedangkan peran ayah adalah mengajaknya bermain atau sekedar  menggendongnya sejenak.

Hal ini muncul karena disebabkan oleh faktor tidak percayanya seorang istri akan kemampuan suaminya  dalam mengasuh bayi. Selain itu faktor tidak percaya diri suami itu sendiri dalam mengasuh bayi juga turut mempengaruhi ditambah lagi dengan stereotip ayah perannya hanya kerja mencari uang sedangkan ibu perannya adalah merawat anak dan melakukan kegiatan rumah tangga mulai dari membersihkan rumah hingga memasak.

Padahal, faktanya kerjasama yang baik dalam mengasuh bayi antara ayah dan ibu akan memberi pengaruh jauh lebih baik bagi perkembangan bayi dan kebahagiaan keluarga daripada hanya dilakukan oleh ibu saja. Bayi tidak hanya membutuhkan peran ibu tapi juga peran ayah dalam mengasuh bayi.

Komunikasikan dengan suami mengenai perannya dalam mengasuh bayi

Sebelum buah hati hadir ke dunia, komunikasikan peran Anda dan suami dalam mengasuh bayi. pastikan suami benar-benar paham dengan perannya sehingga dia mengetahui hal-hal yang harus dia lakukan ketika bayi hadir di tengah keluarga Anda. Sehingga Anda tidak perlu merasa mengasuh bayi sendirian karena suami juga turut serta dalam mengasuh bayi.

Belajar bersama sebelum buah hati hadir

Kurangnya rasa percaya diri suami dalam mengasuh bayi bisa diatasi dengan mengajaknya ikut dalam kursus mengasuh bayi untuk calon ayah. Sekarang ini sudah bermunculan tempat kursus mengasuh bayi untuk calon ayah. Sehingga memudahkan calon ayah belajar ditambah lagi banyak calon ayah lainnya yang ikut belajar sehingga menambah semangat para calon ayah dalam belajar mengasuh bayi.

Berikan rasa percaya pada suami dalam mengasuh bayi

Seperti yang telah diungkapkan di atas, salah satu faktor yang membuat ayah enggan mengasuh bayi adalah kurangnya rasa percaya dari istri kepada suami dalam mengasuh bayi sehingga istri sedikit-sedikit mengkritik suami ketika mengasuh bayi. karena kritikan yang terus menerus itulah seringkali membuat suami menjadi mudah menyerah sehingga tidak mau lagi membantu istri mengasuh bayi.

Untuk itu, memberikan rasa percaya kepada suami, perlu dilakukan. Hindari mudah mengkritik. Asalkan tidak membahayakan bayi, tidak perlu mengkritik. Jika ada yang kurang sedikit bisa Anda perbaiki ketika suami sudah pergi. Seperti contoh ketika mengganti popok.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved