Takmir Masjid Latihan Menyembelih Hewan Kurban

Takmir masjid se Kabupaten Gresik, Jawa Timur diberi pelatihan cara menyembelih hewan kurban, Kamis (2/10/2014).

Takmir Masjid Latihan Menyembelih Hewan Kurban
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Para juru potong membalikan tubuh sapi kurban yang akan disembelih untuk dibagikan ke kaum dhuafa di Masjid Agung Kauman Semarang, jalan Alun-alun Barat, Kota Semarang, Jateng, Selasa (15/10/2013). 

SERAMBIUMMAH.COM,GRESIK – Takmir masjid se Kabupaten Gresik, Jawa Timur diberi pelatihan cara menyembelih hewan kurban, Kamis (2/10/2014). 

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Gresik Sentot mengatakan, bahwa pelatihan ini bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik dan berlangsung di ruang rapat Subdin Peternakan Gresik.

Materi pelatihan diantaranya penyembelihan hewan kurban harus sesuai sariat Islam, hewan yang disembelih tidak dalam keadaan sakit, sehat dan tidak cacat.

Usia minimal untuk kambing satu tahun dan sapi dua tahun.

Keduanya harus poel yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap.

“Sebelum disembelih hewan dirawat dengan baik dengan diberi makan yang cukup, di tempat senyaman mungkin, ketika menuju penyembelihan hewan tidak boleh dipaksa. Penyembelihan harus dengan pisau yang tajam oleh laki-laki muslim yang memang berpengalaman. Ketika akan menguliti hewan kurban yang sudah disembelih, harus keadaan hewan benar-benar telah mati,” kata kasubdin Peternakan, drh Nunung Dyah.

Nunung juga mengingatkan, penyembelihan hewan kurban diusahakan agar menyendiri dan tak terlihat hewan kurban lain yang bakal disembelih.

Hal ini akan menimbulkan stress bagi hewan kurban lain yang akan disembelih.

“Kita berupaya agar hewan kurban yang dibagikan ke masyarakat Gresik benar-benar ASUH, yaitu aman, sehat, utuh dan halal,” katanya.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved