9 Kiat untuk Gali Potensi Si Kecil

Ketika masih anak-anak kita sering mendapat pertanyaan mengenai cita-cita. Diantara cita-cita anak, baik anak perempuan maupun

9 Kiat untuk Gali Potensi Si Kecil
perempuan.com
ilustrasi

SERAMBIUMMAH.COM - Ketika masih anak-anak kita sering mendapat pertanyaan mengenai cita-cita. Diantara cita-cita anak, baik anak perempuan maupun laki-laki, yang terpopuler adalah menjadi dokter, arsitek, presiden, pilot, dan polisi. Namun ada juga anak yang ingin menjadi seperti tokoh fiksi, dalam film kegemarannya. Anda sebagai orang tua tidak perlu mematahkan cita-cita anak dengan berkata hal itu tidak mungkin terjadi karena tokoh tersebut tidak ada di dunia nyata.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah kenali dahulu bakat yang dimiliki anak sejak lahir. Yaitu bakat bawaan yang diperoleh dari keturunan sebelumnya, agar bisa dioptimalkan. Beberapa cara dalam menggali bakat dan potensi anak sehingga anak dapat menentukan cita-citanya, adalah:

Beri dukungan

Berikan dukungan, arahan, dan bimbingan pada anak agar tumbuh rasa percaya diri sehingga ia akan berjuang untuk mewujudkannya, walau mungkin Anda menganggap cita-citanya tidak mungkin terjadi.

Beri Tantangan

Tantangan yang diberikan kepada anak, dimaksudkan agar anak-anak lebih luas pemikirannya dan berusaha mencari solusi atas permasalahan yang ada, sehingga mereka akan terbiasa berpikir lebih rasional.

Mengenalkan Dunia

Kenalkan dunia baru kepada anak-anak dengan mengajaknya pergi ke suatu tempat. Di sana anak akan bertemu dengan orang dan hal baru yang dapat memperluas pengetahuan anak.

Budaya Membaca

Jadikan membaca sebagai kegemaran, sehingga anak semakin luas pengetahuan, dan berkembang daya pikir serta kreativitasnya.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved