Montok saat Bayi, Kenapa Sekarang Kurus?

Melihat buah hati kita berbadan gendut membawa kebahagiaan tersendiri bagi para bunda. Namun, tak jarang kita jadi khawatir

Montok saat Bayi, Kenapa Sekarang Kurus?
net

SERAMBIUMMAH.COM - Melihat buah hati kita berbadan gendut membawa kebahagiaan tersendiri bagi para bunda. Namun, tak jarang kita jadi khawatir karena saat usianya bertambah bayi kita tak lagi montok.

Seperti yang dialami Rifa Mirta Indriyani. Anak sulungnya saat masih bayi gendut, menginjak usia 2th jadi kurus banget.

"Padahal, makannya lahap tapi kenapa tidak bisa gemuk. Bermacam vitamin saya berikan tapi tetap saja kurus sekali. Sampai obat cacing saya berikan karena takut cacingan," katanya seperti dikutip Tribunnews.com dalam rubrik konsultasi Tabloid Nakita.

Dokter Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A, Siloam Hospitals TB Simatupang, Jaksel mengatakan, ada beberapa kondisi di mana anak yang semula gemuk saat bayi lalu tumbuhnya malah tidak begitu gemuk lagi. Problem yang sering adalah pemberian pola makan yang ternyata tidak cukup, atau kebutuhan mikronutrien yang tidak memadai.

Tetapi perlu juga waspada jangan-jangan ada penyakit yang bersifat 'silent' dan diam-diam menyebabkan gangguan. Sebagai contoh, misalnya penyakit tuberkulosis pada anak dapat memberikan gejala yang begitu samar, dan hanya muncul berupa pertambahan berat badan yang tidak sesuai seharusnya.

Demi memastikannya, sebaiknya diperiksakan ke dokter anak untuk memastikan apakah anak sudah mendapat asupan nutrisi (makronutrien dan mikronutrien) yang memadai dan apakah ada / tidak penyakit yang menjadi penghambat tumbuh kembangnya.

Tags
anak kurus
Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved