Kiat Ajari Anak untuk Hormati Orang Lain

Mendidik anak memang bukan perkara yang gampang. Oleh karena itu kita sebagai orangtua juga

Kiat Ajari Anak untuk Hormati Orang Lain
perempuan.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Mendidik anak memang bukan perkara yang gampang. Oleh karena itu kita sebagai orangtua juga perlu belajar dalam mendidik anak dengan menggunakan metode yang tepat. Apalagi jika kita dikaruniai banyak anak yang pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda.

Dari sekian banyak hal yang harus diajarkan pada anak, hal penghormatan terhadap orang lain mungkin menjadi satu hal yang pertama kali harus diajarkan. Dan kita bisa memulainya dengan memberikan contoh yang baik. Pemberian contoh memang sejak dulu menjadi metode yang paling efektif dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak dibanding jika kita hanya memberikan teori tanpa bisa melakukan apa yang kita minta anak untuk lakukan.

Pada usia dini, anak belajar dari lingkungan sekitarnya baik itu dengan mendengar maupun melihat. Mereka menirukan apa yang mereka anggap baru. Jadi dengan memberikan contoh yang baik bagi mereka maka kita berhasil mebangun fondasi yang kokoh dalam diri mereka.

Kita juga harus mulai memberikan pengertian yang baik pada anak. Misalnya saja memberi tahu jika anak ingin dihormati maka ia juga harus menghormati orang lain. Dan pastinya tidak hanya sampai situ saja pelajaran yang kita berikan. Berikan contoh yang tepat. Misalnya dengan menghormati dan menghargai keinginan anak sehingga ia lebih percaya diri karena ada orang lain yang menghormatinya.

Hal penting yang harus dihindari agar pelajaran yang Anda berikan pada anak lebih efektif adalah dengan menghindari pertengkaran khususnya di depan anak karena anak juga akan meniru hal tersebut. Sebagai orangtua, kita juga harus belajar mengendalikan diri. Dimulai dengan memperhatikan intonasi suara yang kita gunakan. Pakailah intonasi yang halus tetapi tetap terdengar tegas.

Dan yang terakhir adalah masalah sopan santun. Hal ini sangatlah penting untuk ditanamkan pada diri anak karena suatu saat nanti anak akan ada di dunia luar tanpa pengawasan orangtua. Jika Anda melihat anak mampu menghormati orang lain, berikan pujian karena mereka berhak mendapatkannya dan akan membuatnya lebih percaya diri.(prc)
 

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved