Ini Penyebab Kakak dan Adik Terus Bertengkar

Penyebab kakak dan adik bertengkar biasanya timbul dari pertengkaran-pertengkaran kecil yang tidak terselesaikan dengan baik.

Ini Penyebab Kakak dan Adik Terus Bertengkar
net

SERAMBIUMMAH.COM - Memiliki dua anak atau lebih, Anda pasti akrab dengan yang namanya sibling rivalry . Sebenarnya, apa yang membuat Si Kakak dan Si Adik saling bertengkar dan bersaing, sih?

Penyebab kakak dan adik bertengkar biasanya timbul dari pertengkaran-pertengkaran kecil yang tidak terselesaikan dengan baik.

"Akibatnya, muncul pertengkaran-pertengkaran berikutnya dengan topik yang serupa. Pada anak-anak, pertengkaran yang paling sering terjadi adalah karena berebut mainan, saling meledek, atau saling iseng," kata Jovita Maria Ferliana, M. Psi., Psikolog dari RS Royal Taruma, Jakarta.

Penyebab pertengkaran yang sering terjadi disebabkan beberapa  hal berikut.

1. Anak merasa ada kebutuhan atau keinginannya yang belum terpenuhi. Mereka bertengkar untuk mendapatkan perhatian, kasih sayang, atau penghargaan dari orangtuanya.

2. Orangtua sering membanding-bandingkan satu anak dengan anak lainnya, sehingga anak akan selalu bersaing dengan kakak atau adiknya.

3. Orangtua kurang mampu mengarahkan anak untuk menyelesaikan masalahnya dengan baik sehingga anak tidak terbiasa memecahkan masalahnya saat mengalami konflik atau pertengkaran. "Contohnya, saat bertengkar anak yang lebih besar selalu diminta mengalah. Atau langsung memarahi dan menghukum keduanya tanpa melihat penyebab dan duduk persoalannya."

Akibatnya, anak akan merasa saudaranya sebagai penyebab dirinya dimarahi atau dihukum dan menimbulkan sikap permusuhan. "Sehingga saat ada persoalan kecil menjadi bibit pertengkaran dan permusuhan di antara mereka." (Noverita K. Waldan/Tabloidnova.com)

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved