Anak Cerdas Tak Terbentuk Hanya dari Bibit Unggul

Setiap orangtua tentu berharap memiliki keturunan yang sehat, cakap, dan cerdas.

Anak Cerdas Tak Terbentuk Hanya dari Bibit Unggul

SERAMBIUMMAH.COM - Setiap orangtua tentu berharap memiliki keturunan yang sehat, cakap, dan cerdas. Tetapi, seperti pepatah mengatakan buah tak jatuh dari pohonnya, maka kualitas seorang anak bisa saja mirip dengan orangtuanya. Lantas, bagaimana dengan sel sperma yang didapatkan dari bank sperma, mungkinkah kita memilih sel sperma yang sesuai dengan kriteria yang diimpikan?

Artis Julia Perez atau yang akrab disapa Jupe beberapa waktu lalu menjadi bahan berita karena ia mengungkapkan keinginannya untuk hamil dengan cara menerima sperma dari donor. Jupe mengaku selektif memilih sperma dari pendonor. Ia ingin mendapat donor dari pria yang cerdas agar anaknya kelak pintar.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Ivan R Sini mengatakan, sperma memang dapat membawa materi genetik pada anak. Mulai dari fisik seperti warna kulit, rambut, membawa sifat, dan kecerdasan.

"Seperti materi telur, sperma akan membawa materi genetik paternal," kata Ivan seperti dikutip Tribunnews.com dari Kompas.com Minggu.

Namun, kecerdasan anak tak hanya bisa didapat dari seorang ayah maupun ibu yang juga cerdas. Kecerdasan anak akan lebih dipengaruhi saat pertumbuhannya dalam kandungan hingga lahir dan tumbuh kembangnya.

"Kecerdasan secara genetik memang ada basic-nya. Tapi ini dipengaruhi juga oleh tumbuh kembang anak sendiri yang multifaktorial," terang direktur RS Bunda Jakarta ini.

Dengan kata lain, percuma jika anak secara genetik mewarisi kecerdasan tetapi dalam masa pertumbuhannya ia kurang mendapatkan stimulasi dan gizi yang baik.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved