Tips Aman Saat Cukur Rambut Bayi

Mencukur rambut bayi yang baru lahir memang merupakan satu hal yang biasanya dilakukan oleh masyarakat-masyarakat tertentu

Tips Aman Saat Cukur Rambut Bayi
perempuan.com
cukur rambut bayi

SERAMBIUMMAH.COM - Mencukur rambut bayi yang baru lahir memang merupakan satu hal yang biasanya dilakukan oleh masyarakat-masyarakat tertentu, misalnya saja di Jawa. Hal ini merupakan tradisi turun-temurun guna menyambut kelahiran si bayi.

Ada bermacam-macam cara mencukur. Beberapa memang sengaja hanya dipotong sedikit sebagai simbol. Namun ada juga yang harus dicukur habis. Ini memang tergantung tradisi masyarakat setempat. Walaupun ini hanyalah sebuah tradisi, namun tentu saja kita tetap harus mengutamakan keselamatan dan kenyamanan si bayi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu diperlukan tips-tips aman dalam mencukur rambut bayi.

Alat-alat yang harus disiapkan adalah pisau cukur, sabun atau sampo, dan juga air bersih. Cukup mudah kan? Untuk pisau cukur sendiri, kita harus menggunakan mata pisau baru agar proses pencukuran berjalan lebih cepat.

Setelah semua alat disiapkan, kita bisa memulai proses pencukuran. Pertama-tama, posisikan bayi senyaman mungkin dan usahakan agar ia tenang dan tidak menangis. Dengan dipangku ataupun digendong misalnya, prosesnya akan berjalan dengan lebih mudah.

Setelah bayi ada pada posisi nyaman, mulailah basahi rambutnya dan sisir kearah belakang. Setelah itu kerik sedikit sabun yang sudah disiapkan atau celupkan mata pisau dalam sampo yang sudah dilarutkan dalam air. Hal ini dilakukan agar pisau menjadi lebih licin walaupun tetap tajam sehingga kulit bayi tidak mudah terluka karena memang masih sangat senstitif.

Mulai cukur dari arah belakang dengan merata. Cukur rambut dari pangkal dan bukan dari ujung agar lebih rapi. Dan yang harus diperhatikan adalah jangan menekan mata pisau karena rambut bayi mudah dicukur. Satu hal lagi yang perlu diingat. Setelah selesai mencukur satu alur, jangan lupa untuk selalu mencelupkam mata pisau dalam air bersih agar mata pisau bisa bersih lagi dan proses pencukuran cepat selesai.

Setelah selesai, segera rapikan sisa rambut yang belum tercukur tetapi dengan lebih hati-hati karena bagian-bagian rambut yang belum tercukur biasanya memang ada pada daerah yang sulit diraih oleh pisau cukur. (prc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved