Biarkan Bayi Memasukkan Mainan ke Mulutnya

Ibu yang memiliki bayi sering kali melarang bayinya memasukkan mainan ke mulutnya

Biarkan Bayi Memasukkan Mainan ke Mulutnya
intisari

SERAMBIUMMAH.COM - Ibu yang memiliki bayi sering kali melarang bayinya memasukkan mainan ke mulutnya. Ibu takut karena mainan itu kotor, sehingga Ibu khawatir akan ada kotoran yang masuk ke pencernaan bayi, dst.

“Biarkan bayi memasukkan mainan ke mulutnya,” jelas dr Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH., dalam sebuah temu media di Jakarta.

Saat bayi memasukkan mainan ke mulutnya itulah saat ia mengeksplorasi lingkungannya melalui mulutnya. Inilah yang disebut sebagai fase oral.

Fase oral ini merupakan tahapan perkembangan psikologis bayi. Bayi kurang dari umur 1 tahun masih dalam tahap perkembangan fase oral, yakni kepuasan atau rasa nikmat dan nyaman ada di daerah mulut dan sekitarnya. Oleh karena itu bayi sering kali memasukkan jari tangannya atau mainannya ke dalam mulut.

Perilaku bayi ini normal dan nanti akan menghilang sendiri. Ini berguna untuk pematangan fungsi organ oro-motor yang kelak berguna untuk makan, bicara, dan lainnya. Perilaku tersebut jangan selalu dicegah, kecuali bila menyebabkan anak muntah. Sebaiknya hindari pemberian empeng. Ini tidak akan bermanfaat.

Yang jelas, kepada bayi berikan mainan yang aman, tidak tajam, dan bersih.  Juga, selalu jaga kebersihan tangan bayi. Sebelum mainan diberikan kepada bayi, sebaiknya bersihkan dahulu mainan tersebut dengan tissue basah.
Jadi, Bunda, biarkan bayi memasukkan mainannya ke mulut ya.

Editor: Sigit Rahmawan Abadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved