3 Macam Olahraga yang Tepat untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Hidup sehat harusnya dijalani oleh semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi bila anak terbiasa berolahraga

3 Macam Olahraga yang Tepat untuk Tumbuh Kembang si Kecil
net
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Hidup sehat harusnya dijalani oleh semua orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Apalagi bila anak terbiasa berolahraga mulai dari kecil, maka hal ini akan membawa pengaruh positif bagi anak.

Dengan berolahraga, anak akan belajar bahwa berolahraga dengan teratur akan membuat istirahatnya lebih nyenyak.

Selain manfaat dari segi kesehatan, anak juga mendapatkan manfaat dari segi sosial. Anak dapat bersosialisasi dengan temannya lebih mudah apabila mereka memiliki hobi berolahraga yang sama. Nah, sebaiknya olahraga apa saja yang terbaik untuk anak? Berikut ulasannya.

Kegiatan aerobik

Olahraga yang memiliki basic aerobic baik dilakukan oleh anak-anak. Olahraga jenis ini akan membantu anak untuk lebih berkeringat dan memompa jantung dan paru-paru lebih keras.

Kegiatan olahraga dengan jenis aerobic ini akan membantu anak meningkatkan mood-nya yang buruk. Luangkanlah waktu bersama anak untuk dapat melakukan kegiatan bersama ini.

Lebih baik, Anda memilih untuk melakukannya di alam sehingga suasana alam yang tenang akan membantu anak menikmati kegiatannya berolahraga. Kegiatan olahraga yang termasuk berbasic aerobic ini antara lain skate boar, kano, bola basket, gymnastic, dan aerobik.

Penguatan otot

Menguatkan otot si kecil penting dilakukan agar anak tak sering loyo saat dia bermain dengan teman-temannya. Jangan salah, menguatkan otot si kecil tak perlu dengan angkat beban.

Anda bisa mengajak si kecil memanjat monkey bar atau memanjat pohon, tentunya Anda perlu mengawasinya dengan hati-hati. Lakukanlah latihan ini paling tidak tiga kali dalam seminggu. Kegiatan lain yang bisa Anda lakukan dengan si kecil antara lain mendayung, tarik tambang, atau lari marathon.

Penguatan tulang

Jelas, olah raga untuk penguatan tulang dilakukan agar pertumbuhan tulang anak berjalan dengan baik dan mereka memiliki tulang yang kuat. Seperti latihan penguatan otot, sebaiknya olah raga ini dilakukan juga selama tiga kali dalam seminggu.

Kegiatan yang bisa dikategorikan dalam rangka menguatkan tulang ini adalah olah raga lompat tali, berlari, hiking, gymnastics dan juga bermain bola basket atau bola tenis. (drc)
 

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved