Rahasia Harta Qarun

Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah harta karun. Namun tahukah Anda asal usul istilah tersebut? Istilah itu diambil

Rahasia Harta Qarun
dream.co.id
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Mungkin Anda sudah sering mendengar istilah harta karun. Namun tahukah Anda asal usul istilah tersebut? Istilah itu diambil dari nama sepupu Nabi Musa, Qarun.

Qarun merupakan anak Yashar, adik kandung Imran yang juga ayah Nabi Musa. Baik Musa maupun Qarun masih keturunan Nabi Yaqub. Keduanya merupakan cucu Quhas putra Lewi. Sementara Lewi merupakan anak dari Nabi Yaqub.

Awal kehidupan Qarun sangatlah miskin dan memiliki banyak anak. Sehingga pada suatu kesempatan ia meminta Nabi Musa berdoa kepada Allah agar memberikan harta benda kepadanya. Doa Nabi Musa dikabulkan. Qarun jadi kaya raya.

Dikisahkan pula dalam Al-Qur'an, Qarun juga sering mengambil harta dari Bani Israel yang lain dan memiliki ribuan gudang harta. Gudang-gudang itu penuh berisikan emas dan perak.

Namun Qarun kemudian menjadi orang yang sombong dan suka pamer. Orang-orang kaya biasanya menyimpan kunci harta mereka dalam tempat rahasia agar tidak diketahui orang, namun Qarun tidak melakukannya karena ingin menunjukkan kekuatan dan kekuasaannya.

Jadi, kebiasaannya adalah membawa sepuluh orang kuat kemanapun dia pergi untuk membawakan kunci-kuncinya. Meskipun sudah dibawa sepuluh orang pria perkasa, tetap saja mereka merasa bahwa kunci-kunci Qarun terasa berat.

Kesombongan Qarun sangatlah luar biasa. Dia sangat berkuasa dan tak mau taat pada Allah. Sehingga pada suatu saat Allah mengeluarkan azab. Bumi diretakkan lebar-lebar. Qarun tertelan bumi beserta prajurit, harta, dan istananya. (drc)
 

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved