4 Syarat Keluarga Calon Penghuni Surga

Akan tetapi, keluarga yang harmonis di dunia dan selamat di akhirat harus diperjuangkan dengan ilmu agama

4 Syarat Keluarga Calon Penghuni Surga
suaraislam.com

SERAMBIUMMAH.COM – Memiliki keluarga yang harmonis di dunia dan selamat di akhirat tentunya menjadi impian setiap pasangan. Baik yang sudah memiliki keturunan, maupun yang baru menikah, tentunya menginginkan rumah tangga yang tidak hanya meraih sukses di dunia, namun mendapat kesenangan yang abadi di akhirat nanti.

Akan tetapi, keluarga yang harmonis di dunia dan selamat di akhirat harus diperjuangkan dengan ilmu agama dan amal yang dapat membawa ke surga. Dalam memenuhi kebutuhan keluara muslim akan hal ini, Arrahman Quranic Learing (AQL) mengadakan Majelis Malam Ahad spesial bertemakan “Masuk Surga Sekeluarga” Sabtu, (08/11) di AQL Tebet, Jakarta Selatan.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Bacthiar Natsir atau yang biasa akrab disapa UBN menjelaskan 4 (empat) syarat yang harus dihadirkan keluarga perindu surga di rumah mereka. Arti rumah bagi keluarga perindu surga seharusnya bukan hanya sekedar tepat berlindung dan melepas lelah. Bukan juga cukup hanya mendekorasinya dengan ornamen dan interior mewah. Agar dapat masuk surga sekeluarga, UBN menjelaskan 4 syarat rumah calon penghuni surga.

Yang pertama, Rumah tersebut harus dijadikan “Rumah Ibadah”. Rumah yang dipenuhi dengan semangat beribadah dan beramal saleh. Bagaimana penerapannya? UBN menjelaskan bahwa Rumah Ibadah adalah rumah yang ditempati untuk menegakkan keimanan kepada Allah dan melaksanakan ibadah dari yang wajib sampai yang sunnah. Hal ini dikarenakan, kita memiliki ruang gerak yang terbatas untuk memaksimalkan ibadah ketika berada di luar rumah. Sebagai contoh, ketika di kantor, kita akan sulit untuk sholat sunnah dengan rakaat banyak atau membaca dan tadabbur dengan waktu yang lama. Oleh karena itu, rumah kita bisa menjadi tempat untuk beribadah yang nyaman dan maksimal.

Kedua, rumah yang kita huni harus senantiasa dijadikan “Rumah Ilmu”. Seluruh anggota keluarga, terutama Ayah dan Ibu harus bisa menghadirkan semangat berilmu agama di rumah. UBN menjelaskan, Ilmu adalah alamat yang bisa mengantarkan kita kepada Allah. Orang tua harus mengajarkan anak agar kenal dengan Allah. Caranya bisa dengan membacakan dan mentadabburi 1 ayat dalam hari kepada anak-anak dan juga sering membaca serta membahas hadis Rasulullah.

Kemudian, syarat ketiga agar bisa masuk surga sekeluarga adalah dengan menjadikan rumah kita sebagai tempat pembinaan karakter bagi seluruh penghuninya Bagaimana agar seluruh anggota keluarga menjadi orang yang takut akan azab Allah dan senantiasa semangat berburu surgaNya.

Keempat, rumah yang kita huni sekarang harus bisa menjadi rumah yang penuh ketenangan dan ketentraman. Hindari konflik yang tidak perlu, hadirkan suasana nyaman dan kondusif agar seluruh anggota keluarga bisa menjadi muslim yang bertaqwa dan produktif.(musday)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved