Siapa Takut Ajak Anak ke Resepsi Pernikahan!

Salah satu dilema orangtua kala mengajak anak untuk menghadiri resepsi pernikahan sanak

Siapa Takut Ajak Anak ke Resepsi Pernikahan!
tribunnews.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM – Salah satu dilema orangtua kala mengajak anak untuk menghadiri resepsi pernikahan sanak saudara adalah perilaku anak selama acara berlangsung. Sebab, namanya juga anak kecil, bagaimana mereka akan bersikap terkadang sulit diprediksi. Namun, bukan berarti Anda tak bisa mengatur dan menerapkan disiplin pada si kecil saat berada di sebuah pesta ramai kerabat atau keluarga.

Awali dengan pesta berskala kecil

Sejumlah ibu pasti berpikir, membawa anak ke sebuah acara resepsi pernikahan bukan hal yang mudah, malah cenderung merepotkan. Dr Pawan Sonar, seorang psikolog asal Mumbai, India, mengatakan, “Pahami dulu tingkat kedewasaan anak dan tentunya kadar temperamen anak”.

Sebab, tak semua anak balita memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik. Maka dari itu, untuk melatih emosi anak, coba ajak mereka ke sebuah perhelatan sosial dalam skala kecil, misalnya ulangtahun, khitanan, dan sebagainya. “Coba bawa anak ke sebuah acara pesta kecil, dari sana Anda bisa melihat dan mempelajari bagaimana reaksinya menghadapi kumpulan orang yang tidak dia kenal, apakah baik atau sebaliknya,” terang Sonar.

Buat mereka merasa dibutuhkan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa anak kecil bisa menjadi pemarah dan mengamuk di ranah publik. Untuk menghindari hal ini terjadi saat menghadiri resepsi pernikahan, ibu bisa mengakalinya dengan cara mengatakan bahwa anaklah yang diundang untuk menghadiri pesta pernikahan dan Anda yang bakal menemaninya ke sana. Cara ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan semangat anak dan membuatnya bertanggung jawab pada perilakunya selama resespi berlangsung.

Namun, pastikan Anda beritahu anak mengenai aturan, hal yang tidak dan boleh dilakukan selama upacara atau resepsi pernikahan. “Jika anak masih juga bersikap kurang baik, orangtua boleh memberikan sedikit ancaman ringan. Kemudian, bila tiba-tiba anak berulah, bawa anak ke tempat yang lebih tenang dan minta dia menjelaskan apa yang membuatnya melanggar aturan,” terang Sonar.

Persiapan sebelum berangkat pesta

Selain Anda, pastinya akan banya keluarga yang mengajak anak-anak mereka menghadiri resepsi pernikahan yang Anda tuju. Nah, persiapkan anak untuk bersosialisasi dengan mereka. Caranya, bilang saja bahwa nanti akan ada teman-teman seusianya di sana. Kata “teman” merupakan pilihan yang baik, karena otak anak akan menerimanya sebagai lingkungan yang ramah dan hangat.

Kemudian, jangan lupa, pilihkanlah busana yang nyaman untuk anak bergerak atau berjalan selama resepsi pernikahan. Hindari memilih busana rumit dengan detil rumit, ini bisa membuat anak merasa kesal dan mengekspresikannya dengan bertingkah hingga merepotkan orangtua

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved