Kiat Ajari Anak Naik Kendaraan Umum

Mengajak buah hati berjalan-jalan adalah hal yang menarik dan menyenangkan.

Kiat Ajari Anak Naik Kendaraan Umum
perempuan.com
ajari anak naik kendaraan umum

SERAMBIUMMAH.COM - Mengajak buah hati berjalan-jalan adalah hal yang menarik dan menyenangkan. Dengan berjalan-jalan bersama si kecil, kita tidak hanya dapat memberikan hiburan tetapi juga bisa mengajaknya untuk belajar hal baru.

Salah satu caranya adalah dengan mengajaknya bepergian dan jalan-jalan dengan menggunakan kendaraan umum, misalnya bis, kereta, dan sebagainya. Suasana baru akan memberikan pelajaran yang baru pula untuk si kecil. Tentu saja, menggunakan kendaraan umum pasti akan berbeda dengan kendaraan pribadi. Pengalaman yang berbeda inilah yang akan didapatkan oleh buah hati kita. Selain itu, anak akan memperoleh pengalaman dan terbiasa dengan kendaraan umum.

Meskipun demikian, sebagai orangtua kita seringkali khawatir jika mengajak anak naik kendaraan umum. Selain karena faktor kenyamanan, faktor keamanan juga dapat menjadi alasan kekhawatiran kita.

Namun, tak perlu khawatir, asal kita tahu strategi dan caranya, perjalanan dengan kendaraan umum bersama si kecil akan berjalan lancar dan menyenangkan.

Beberapa tipsnya antara lain:
•    Persiapkan kondisi si kecil dengan baik.
•    Persiapkan bekalnya.
•    Bawa perlengkapan pendukung.
•    Jangan lupakan obat darurat.
•    Bawa mainan favorit si kecil.
•    Hindari menggunakan perhiasan berlebih dan juga barang berharga lainnya.

Sebelum berangkat, pastikan bahwa si kecil dalam keadaan yang sehat. Pastikan anak sudah makan dan istirahat secukupnya sebelum berangkat.

Jangan lupa untuk membawa bekal. Salah satunya, jangan lupa bawa makanan favorit si kecil agar tidak rewel saat di jalan. Jangan lupa juga bawa air putih dan juga susu untuk si kecil.

Perlengkapan pendukung juga penting untuk dipersiapkan, misalnya baju ganti si kecil, tisu basah dan kering, handuk kecil, bantal kecil, hand sanitizer, kantong plastik, dan sebagainya. Jangan lupakan juga obat darurat dan mainan favorit si kecil yang dapat diandalkan saat anak mulai rewel atau bosan.

Salah satu hal penting yang perlu dihindari adalah memakai perhiasan berlebih saat berada di kendaraan umum. Hindari juga membawa barang-barang berharga lainnya sehingga tidak memancing orang untuk melakukan tindak kriminal yang dapat membahayakan diri kita.

Dengan persiapan yang baik, kita tak perlu lagi khawatir mengajak si kecil untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum. Jadi pastikan semuanya dipersiapkan dengan baik ya. (prc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved