Ingin Buat Bekal yang Sehat bagi Anak? Begini Caranya

Anak adalah pemberian Tuhan yang paling berharga bagi kita maka sudah seharusnya kita menjaganya dengan sebaik-baiknya.

Ingin Buat Bekal yang Sehat bagi Anak? Begini Caranya
perempuan.com
ilustrasi

SERAMBIUMMAH.COM - Anak adalah pemberian Tuhan yang paling berharga bagi kita maka sudah seharusnya kita menjaganya dengan sebaik-baiknya. Salah satu bentuk kecintaan kepada anak adalah dengan menyiapkan bekal anak. Salah satunya menyiapkan bekal sekolah.

Seorang anak masih membutuhkan perhatian dan bantuan kita untuk melakukan kegiatan sehari-hari termasuk dalam menyiapkan bekal sekolah. Orang tua harus bisa menyiapkan bekal sekolah yang sehat. Menyiapkan bekal sekolah anak bukan saja merupakan wujud kasih sayang orang tua namun juga upaya menjaga kesehatan anak. Penting sekali menyiapkan bekal sekolah dengan makanan-makanan yang sehat dan mengandung vitamin.

Dengan menyiapkan bekal anak untuk dibawa ke sekolah maka kita memperkecil kemungkinan anak untuk jajan makanan yang tidak sehat di sekolah. Dengan begitu kita bisa mengurangi resiko sakit pada anak seperti sakit perut dan muntah-muntah serta berbagai penyakit berbahaya lainnya karena makanan yang dibeli dari luar tidak terjamin kesehatanya.

Hal yang perlu diperhatikan atau dilakukan saat menyiapkan bekal anak untuk ke sekolah diantaranya adalah sebagai berikut:

Wadah bekal yang bersih dan sesuai pilihan anak
Makanan yang terdiri dari nasi, sayur, lauk, dan buah
Botol minuman anak berisi minuman yang disukai anak
Pembungkus agar makanan tidak tumpah di tas atau membuat kotor tangan si anak.
Pemilihan barang-barang diatas sangat penting karena hal tersebut bisa membuat anak mau membawa dan memakan bekalnya disekolah karena tidak semua anak mau membawa bekal sendiri ke sekolah. Bahkan banyak anak yang beralasan malu atau berat untuk membawa bekal sendiri ke sekolah jadi harus membuatnya semenarik mungkin.

Wadah bekal yang bersih sangat penting untuk menjaga kebersihan makanan agar tidak menyebakan penyakit. Pemilihan wadah bekal sebaiknya sesuai keinginan anak sehingga anak lebih bersemangat membawa bekal sendiri ke sekolah.

Maka sangat disarankan membeli beberapa macam jenis wadah bekal dan sebaiknya saat memilih biarkan anak yang menentukan orang tua hanya cukup mengarahkan. Makanan yang dipersiapkan untuk bekal juga harus yang bergizi tinggi dan yang terpenting adalah kualitasnya.

Nasi dan sayur harus ada dalam bekal karena anak pasti lapar setelah belajar dan sayur menjaga tubuh agar tetap sehat. Lauk bisa membantu anak mendapatkan nafsu makan, terlebih lauk yang paling disukai anak seperti ayam goreng atau telur ceplok.

Untuk minum, pergunakanlah botol yang juga disukai oleh anak seperti botol minum berbentuk robot atau boneka bagi anak perempuan.

Botol minuman hendaknya diisi dengan susu atau teh manis sedang atau minuman yang disukai anak. Minuman sangat penting untuk menjaga agar anak tidak dehidrasi. Bungkus bekal makanan dalam bungkus khusus agar tidak mudah tumpah. Wadah bekal sendiri mudah tumpah dan cenderung bisa bocor dan mengotori tas anak. Bungkul bekal yang paling praktis adalah tas kresek namun ada juga kotak makanan khusus bagi bekal anak yang bisa dibeli.

Demikianlah beberapa cara praktis dalam menyiapkan bekal anak sekolah agar lebih menarik, semoga bermanfaat. (drc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved