Segera Habiskan Susu Formula dalam Satu Jam Sejak Dibuat

Bagi sebagian besar orangtua, susu formula untuk bayi adalah salah satu penyelamat. Selain karena faktor kemudahannya, susu formula juga menjadi

Segera Habiskan Susu Formula dalam Satu Jam Sejak Dibuat

SERAMBIUMMAH.COM - Bagi sebagian besar orangtua, susu formula untuk bayi adalah salah satu penyelamat. Selain karena faktor kemudahannya, susu formula juga menjadi salah satu alternatif ketika Anda harus bepergian ke luar kota tanpa si kecil dalam waktu lama.

Walaupun kebanyakan pakar menyatakan bahwa menyusui atau air susu ibu adalah cara terbaik untuk memberi nutrisi pada bayi, namun bagaimana pun susu formula ada di urutan setelahnya. Terutama jika Anda tidak mampu menyusui, susu formula bisa menjadi pengganti nutrisi buat bayi.

Perusahaan yang memproduksi susu formula pun menyediakan berbagai jenis dan rasa. Entah itu dalam bubuk susu formula atau yang cair yang kemudian bisa dicampur atau dibuat sendiri. Anda hanya perlu menyesuaikan mana yang baik dan sesuai dengan kebutuhan bayi.

Namun, susu formula hanyalah bersifat sementara, dan Anda harus memerhatikan betul cara membuatnya. Jangan sampai salah dalam penanganannya, agar tidak menyebabkan bayi menjadi sakit, demikian disampaikan American Academy of Pediatrics. Pada umumnya, bayi disarankan menghabiskan susu formula dalam satu jam sejak dibuat.

Menurut Instant Feeding and Nutrition, sebaiknya susu formula cair yang tersisa didinginkan di lemari pendingin selama dua jam setelah dibuka. Jika terlalu lama, atau lebih dari 48 jam, sebaiknya dibuang saja. Sebelum menyajikannya, susu formula cair perlu dihangatkan dulu menggunakan botol penghangat, atau dengan merendamnya dengan air panas.

Jangan lupa, bayi Anda harus segera menghabiskannya, jangan lewat dari satu jam. Pastikan juga bahwa lemari pendingin ada di angka 4 derajat Celcius, atau lebih dingin lebih baik, sebagaimana dianjurkan oleh organisasi USDA (United States Department of Agriculture).

Sedangkan susu formula bubuk sangat disarankan untuk langsung dihabiskan. Jika Anda sedang bepergian bersama si kecil, sebaiknya membuat susu formula hanya ketika diperlukan. Kemudian, berikan susu tersebut pada bayi dalam batas maksimal satu jam setelah dicampur. Jika dalam waktu lebih dari satu jam masih tersisa, sebaiknya susu tak diberikan lagi, demikian menurut Baby Center.

Yang paling penting, pastikan menggunakan susu formula sebelum masa kadaluarsa berakhir. Sebisa mungkin justru jauh hari sebelum tanggal kadaluwarsa yang tertera di kotak kemasan. Ini menjadi penting agar tidak mengganggu kesehatan bayi di kemudian hari.
 

Editor: Edinayanti
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved