Ini yang Harus Dilakukan Bila Si Kecil Hobi Makan Permen

Mengkhawatirkan keadaan buah hati adalah wajar bagi setiap orangtua, terlebih bagi kita para perempuan. Sebagai ibu, tentunya kita ingin hal-hal yang

Ini yang Harus Dilakukan Bila Si Kecil Hobi Makan Permen
perempuan.com
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Mengkhawatirkan keadaan buah hati adalah wajar bagi setiap orangtua, terlebih bagi kita para perempuan. Sebagai ibu, tentunya kita ingin hal-hal yang terbaik bagi buah hati kita. Anak memang biasanya menyukai makanan-makanan manis, apalagi kalau si anak sudah mengenal permen. Pasti akan sulit memisahkannya dari konsumsi permen.

Jika buah hati maniak permen, wajar saja kalau sebagai orangtua kita akan merasa khawatir. Mengapa? Ada beberapa dampak negatif kalau anak terlalu banyak konsumsi permen, antara lain:

• Dapat merusak gigi anak.
• Dapat menurunkan nafsu makan pada anak.
• Permen termasuk jenis makanan sampah atau junk food.

Permen dapat menyebabkan rusaknya gigi anak, terutama jika anak belum bisa konsisten menjaga kebersihan giginya. Sisa permen yang menempel pada gigi dan tidak dibersihkan dengan baik akan menimbulkan karies atau lubang pada gigi.

Namun, jika anak dapat rajin menggosok giginya sehingga tidak ada sisa-sisa permen yang menempel pada gigi, hal ini bukan menjadi masalah bagi gigi. Jadi ada baiknya kita lebih mengkontrol kebersihan gigi buah hati kita.

Selain fakta negatif tersebut, konsumsi permen juga dapat mengurangi nafsu makan pada anak. Hal ini menjadi masalah jika anak mengkonsumsi permen sebelum waktu makan. Ini akan merusak nafsu makannya dan anak akan cenderung sulit makan.

Fakta buruk lainnya adalah, permen termasuk salah satu jenis makanan yang tergolong junk food. Permen mengandung kalori yang tidak banyak dan tidak mengandung zat gizi. Bahkan kalori yang menumpuk karena konsumsi permen berlebih dapat mengakibatkan obesitas pada anak, tingginya resiko diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

Lalu, apa yang perlu dilakukan orangtua jika anak maniak akan konsumsi permen?

Pertama batasi konsumsi permen tiap harinya dan juga pastikan anak telah makan sebelum mengkonsumsi permen agar tidak merusak nafsu makannya.

Jika anak ingin makan permen, bersikaplah tegas dengan memberikan konsekuensi untuk segera menggosok gigi dengan bersih setelah memakan permen. Pantau selalu kebersihan giginya agar tidak merusak kesehatan gigi dan mulutnya.

Ada baiknya beri alternatif lain selain permen, misalnya dengan mengganti permen dengan pudding buah atau kue sehat yang sama-sama manis tetapi lebih bergizi. Jadi, sekarang orangtua tak perlu khawatir lagi mengatasi anak yang maniak permen. (prc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved