Bunda, Ini Cara Bujuk Anak Baca Buku

Perkembangan teknologi disebut dapat menurunkan minat baca pada anak-anak. Meski perangkat pintar sanggup menyuguhkan buku elektronik

Bunda, Ini Cara Bujuk Anak Baca Buku
dream.co.id
ilustrasi 

SERAMBIUMMAH.COM - Perkembangan teknologi disebut dapat menurunkan minat baca pada anak-anak. Meski perangkat pintar sanggup menyuguhkan buku elektronik, kehadiran buku fisik tetap belum bisa tergantikan.

Tak dipungkiri juga jika aplikasi permainan yang tersemat di perangkat pintar akan lebih banyak mencuri perhatian anak dibandingkan membaca buku.

Sejatinya sejak lahir hingga berusia 5 tahun, seorang anak tengah berada dalam masa keemasan dalam proses tumbuh kembang . Sejatinya disinilah peran bunda untuk mulai memupuk kebiasaan membaca buku pada anak.

Lalu bagaimana caranya membangkitkan minat baca pada anak usia dini?

"Sebenarnya orangtua bisa memulai dengan memberi contoh membaca buku. Karena ketika mengajarkan sesuatu dan kita juga melakukan hal tersebut anak pasti akan mengikutinya," kata Dinny Resmiati, Kepala Bidang Layanan Otomasi Perpustakaan dan Kearsipan Jawab Barat di acara UI Islamic Book Fair di Balairung UI Depok, Jawa Barat, Rabu 26 November 2014.

Setelah memberi contoh, Dinny yang datang mewakili Gubernur Jawa Barat menyebut tahap kedua yang dilakukan oleh orangtua yakni pengawasan. Orang tua dapat mengawasi apa yang dilakukan dan dibaca oleh anak, terutama saat ada waktu luang bagi bunda pekerja.

Ketika terbiasa membaca, anak akan menjadikan aktivitas tersebut sebagai salah satu kebutuhan. Tema bacaan yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan tahap perkembangan dan usia anak.

"Misalnya kalau anak berusia kurang dari 10 tahun tema disesuaikan dengan kebutuhan anak, begitu seterusnya. Kalau anak lebih milih nonton televisi coba jangan dilarang tapi beri pemahaman dan pengertian," pungkasnya.

Pemahaman tersebut dapat berupa konsekuensi dari apa yang dilakukan jika terlalu banyak menonton televisi atau membaca buku. Melalui pemberian contoh, pengawasan dan konsekuensi yang disebut Dinny sebagai rambu-rambu untuk menamkan kecintaan membaca pada anak. (drc)

Editor: Edinayanti
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved